Cara Mengecat Kayu dengan Kompresor

Cara Mengecat Kayu dengan Kompresor - Mengecat merupakan salah stau enis kegiatan dimana untuk meruabh warna dari suatau benda, alat untuk mengecat ini banyak sekali. Mulai dari kuas hingga komprosessor. Sebelumnya kita sudah menjelaskan tentang cara mengecat kayu dengan kuas, kali ini kita akan membahas tentang cara mengecat kayu dengan kompressor.

Cara Mengecat Kayu Menggunakan Kompresor


Seperti halnya dengan teknik pengetan lainnya, mengecat dengan menggunakan kompressor ini juga membutuhkan beberapa alat dan bahan, berikut ini merupakan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan pengecatan dengan kompressor:

- Obyek yang akan dicat
- Cat
- Komprosor
- Amplas
- Spraygun

Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, anda dapat memulai proses pengecatan, berikut ini merupakan beberapa langkah - langkah yang dapat anda ikuti dalam mengecat dengan kompressor.

1. Tentukan Area Pengecatan
Langkah awal yang harus anda lakukan yaitu dengan menentukan lokasi pengecatan dengan begitu nantinya kita mudah dalam menentukan jumlah cat yang dihabiskan. Untuk mempermudah proses pengecatan, sebaiknya media tersebut dibawa ke tempat yang nyaman agar nantinya memudahkan  proses pengecatan nantinya.

2. Bersihkan Permukaan yang Akan di Cat
Selanjtunya yaitu dengan membersihkan permukaan benda yang akan dilakukan pengecatan. Untuk membersihkannya anda dapat memanfaatkan kemoceng maupun lap lainnya, pastikan permukaan tersebut bersih dengan baik, agar nantnya ketika dilakukan pengecatan dengan kompresor, cat tersebut dapat menempel dengan baik.

Cara Menyetel Spray Gun Komprosor


3. Lakukan Pengamplasan
Apabila kayu yang akan dicat belum dilakukan pengamplasan, maka anda harus melakukan pengamblaan terlebih dahulu tujuannya adalah agar permukaan kayu tersebut halus sehingga ketika dicat nantinya bagus.

4. Siapkan Kompresor dan Spray Gun
Nyalakan komproser tersebut yang sudah dipasangi spray gun, sebelum melakukan pengecatan. Anda dapat mengarahkan spary gun tersebut ke arah benda yang akan dicat, Tujuannya adalah untuk membrsikan kotoran mauun debu yang masih menempel pada benda tersebut.

5. Siapkan Cat
Jenis cat banyak sekali, ada yang menggunakan cairan pengecer ada juga yang tidak membutuhkannya, Oleh karena itu sesuaikanlah dengan  cat yang akan anda pakai. Untuk lebih mengetahuinya anda dapat membaca pada petunjuk yang biasanya terdapat di dalam kemasan cat atau anda juga dapat berkonsulrasi dengan orang yang sudah berpengalaman dalam hal pengecetan ini.

6. Lakukan Pengecatan
Dengan menggunakan kompresor, maka cat tersebut nantinya akan menyebar. Oleh sebab itu pastikan posisi atau arah spray tersebut pas agar tepat mengena pada media yang akan dilakukan pengecatan. Teknik pengecatan ini sebaiknya diawali dengan tipis - tipis terlebih dahulu, kemudian baru ulangi beberapa kali hingga semua area tertupi oleh cat.

Baca Juga:
7. Lakukan Pengeringan
Bebeda dengan cat menggunakan kuas, cara pengeringan ini adalah cukup mudah yaitu dengan menaruh benda yang sudah dilakukan pengecatan tersebut di dalam ruangan namun yang mempunyai sirkulasi udara baik. 

Cara Mengecat Kayu dengan Kompresor
Cara Mengecat Kayu dengan Kompresor
Teknik pengecatan kayu banyak sekali, salah satunya adalah dengan menggunakan komprossor ini. Dengan menggunakan alat ini hasil yang didapatkan tentunya lebih rata dan cepat kering, maka alat ini sangat direkomendasikan untuk pengecatan. Demikian informasi mengenai cara mengecat kayu dengan kompresor, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips mengecat dengan menggunakan kompresor, cara menyetel spray gun kompresor, alat - alat untuk mengecat.
data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matching-content-columns-num = 4