Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah

Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah - Headset merupakan salah satu jenis alat elektronik yang fungsinya untuk menghasilkan suara, headset ini hampir sama dengan speker. Namun headset cara penggunaanya yaitu dipasang pada bagian telinga langsung sehigga suara yang dihasilakn juga tidak sekeras speaker pada umumnya. Saat ini model dan jenis headset banyak sekali, masing masing bentuk tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Seperti halnya alat elektronik lainnya, headset ini juga dapat mengalami kerusakan. Kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki headset yang mati sebelah.

Cara Memperbaiki Headset yang Putus


Headset mati sebelah merupakan kejadian biasa yang dialami beberapa orang, banyak sekali faktor yang menyebabkan kerusakan ini terjadi. Sebelum memulainya ada beberapa hal yang harus anda lakukan yaitu:

1. Melakukan Pengecekan
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan cara melakukan pengecekan pada headset tersebut, apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk melakukan pengecekan sendiri dapat dilakukan dengan cara menyalakan headset tersebut, apabila headset tersebut tidak dapat berfunsgi secara maksimal berarti mangalami kerusakan.

2. Menentukan Letak Kerusakan
Jika pengecekan sudah selesai digunakan, maka selanjutnya adalah dengan menentukan letak kerusakan headset tersebut, dengan begitu nantinya kita dapat menentukan langkah apa yang harus diambil dalam memperbaiki headset yang rusak tadi.

3. Menyiapkan Alat dan Bahan yang digunakan Untuk Perbaikan
Langkah selanjutnya yaitu dengan cara menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proses perbaikan ini, adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- Alat Solder
- Obeng
- Headset yang Rusak
- Kabel Jika di perlukan

4. Proses Perbaikan
Jika semua alat dan bahan sudah siap semua, langkah selanjutnya adalah proses perbaikan. Pada tahap ini merupakan bagian inti dari memperbaiki headset yang rusak. Pada tahap ini dibagi menjadi beberapa bagian antara lain proses pembukaan cover headset, Perbaikan, serta penutupan kembali cover headset, Berikut ini penjelasan masing - masing dari tahap perbaikan:

- Pembukaan Cover Headet
Untuk membuka cover headset ini tentunya berbeda - beda, ada yang menggunakan baut dan ada pula yang tidak. Oleh karena itu sesuaikan dengan kondisi headet yang anda miliki. Jika headset tersebut menggunakan baut maka untuk membukanya dapat menggunakan obeng, dalam proses pembukaan cover ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati karena di dalam headset tersebut tentunya terdapat banyak komponen. 

- Perbaikan
Jika cover sudah terbuka, maka komponen yang berada di dalamnya tentunya dapat terlihat semua. Langkah selanjutnya yaitu dengan cara memperbaik headset tersebut. Apabila headset mati sebelah karena kabel putus , maka anda dapat melakukan penyambungan. Namun apabila headset tersebut mati sebelah karena speakernya yang rusak, anda dapat melakukan pergantian pada bagian speaker tersebut.

- Penutupan Cover
Setelah dilakukan  proses perbaikan, tutup kembali cover headset tersebut sesuai dengan posisinya, pastikan dalam melakukan penutupan ini rapat.

5. Uji Coba
Jika semua proses perbaikan sudah selesai, anda dapat melakukan uji coba yaitu dengan cara menyalakan headset tersebut, apabila dapat berfungsi dengan baik maka proses perbaikan ini berhasil.

Baca Juga:
Untuk memperbaiki headset ini membutuhkan teknik dan pengetahuan tersendiri, oleh karena itu apabila anda tidak memilikinya dapat menyerahkan urusan perbaikan headset ini kepada orang yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut.


Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah
Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah
Demikian informasi mengenai cara memperbaiki headset yang mati sebelah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips memperbaiki headset yang rusak, cara mengatasi headset yang mati sebelah, kumpulan cara memperbaiki headset yang rusak.