Cara Mengecat Dinding Bata Merah

Cara Mengecat Dinding Bata Merah - Dinding merupakan salah satu bagian rumah yang penting, biadanya dinding ini tebuat dari susunan bata. Baik bata putih ataupun merah. Cara finishing duinding ini juga beraneka ragam, ada yang di plaster dan ada pula yang tidak. Nah saat ini kita akan membahas tentang cara mengecat dinding bata merah.

Tips Mengecat Dinding Bata Merah


Biasanya pengecatan ini dilakukan setelah dinding di plaster, namun apabila anda belum memplesternya tetap dapat juga dilakukan pengecatan. Berikut ini beberapa langkah dalam mengecat dinding bata merah.

Sebelum melakukan pengecatan, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan seperti:
- Cat Tembok
- Kuas
- Roll
- Air

Jika semua alat dan bahan sudah siap, maka anda dapat memulai proses pengecatan dinding bata merah ini. Berikut ini langkah - langkah dalam mengecat dinding bata merah dengan mudah:

1. Tentukan Area Pengecatan
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menentukan area pengecatan, dengan ini nantinya kita dapat memperkirakan berapa banyak cat yang dibutuhkan serta teknik pengecatan apa yang cocok untuk dilakukan. Dengan sudah mengetahui area pengecatan juga dapat membantu anda dalam memilih warna apa yang cocok  sesuai dengan tema ruangan itu sendiri.

2. Siapkan Cat
Biasanya cat yang baru anda beli masih dalam keadaan kentang, oleh karena itu perlu dilakukan pencampuran supaya ketika diaplikasikan mudah serta hasil yang didapatkan merata. Selain itu dengan melakukan pencampuran dengan air maka cat tersebut semakin hemat. Untuk proses pencampuran cat ini sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya yang berjudul cara mencampur cat sebelum digunakan.

3. Aplikasikan Cat Pertama Kali
Jika cat sudah siap, maka anda dapat mengaplikasikan cat tersebut untuk pertama kali. Pada pengecatan awalan ini, cat yang diaplikasikan jangan tebal - tebal terlebih dahulu. Untuk mengaplikasikannya anda dapat menggunakan roller ataupun kuas tergantung area pengecatan nantinya.

4. Aplikasikan Cat Lagi
Jika awalan sudah dilakukan, maka selanjutnya anda harus mengaplikasikan cat kembali, pada tahap ini anda harus mengaplikaskan secara menyeluruh serta tidak ada bagian yang tertinggal.

Baca Juga:

5. Ulangi Beberapa Kali Untuk Hasil yang Maksimal
Agar hasil yang didapatkan maksimal, ulangilah pengecatan tersebut beberapa kali. Karena media pengecatan ini di bata merah langsung. Maka pengecatan beberapa kali ini diperlukan agar hasilnya bagus.

Cara Mengecat Dinding Bata Merah
Cara Mengecat Dinding Bata Merah


Untuk mengecat dinding bata merah ini anda dapat mengikuti beberapa langkah diatas. Demikian informasi mengenai cara mengecat dinding bata merah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pengecatan dinding, cara mengecat dinding dengan mudah, cara mengecat di bata merah.