Cara Memasang Karpet Talang di Genteng Paling Mudah

Cara Memasang Karpet Talang di Genteng Paling Mudah - Sebuah rumah pastinya memiliki talang. Funsgi talang ini adalah untuk mengalirkan air dari genteng ke bawah. Dengan adanya talang ini air dapat turun ke bawah secara bersamaan. Selain itu dengan adanya talang air ini kita dapat mudah mengarahkan air tersebut.

Dalam pembuatan talang air terdapat beberapa bahan yang dapat anda gunakan salah satunya adalah karpet talang ini. Bentuk dari karpet talang ini adalah seperti karet yang memanjang sehingga mudah sekali dalam pemasangannya. Kali ini kita akan membahas tentang cara memasang karpet talang di genteng dengan mudah.

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Seperti halnya pemasangan pada umumnya. Dalam proses pemasangan karpet talang ini juga membutuhkan beberapa alat dan bahan antara lain:
- Karpet Talang
- Gunting
- Paku
- Palu
- Alat Ukur Meteran
- Rangka Atap

2. Pembuatan Rangka Atap Karpet Talang
Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, anda dapat memulai proses selanjutnya yaitu pembuatan rangka atap.  Dalam pembuatan rangka atap ini haruslah kuat karena nantinya akan menampung air dari genteng, selain itu rangka yang dibuat haruslah lurus. Jangan sampai ada yang tidak pas, karena hal itu dapat menyebabkan air mengendap di atas karpet talang dan tidak bisa turun ke bawah.

3. Pengukuran
Setelah rangka atap selesai dibuat, maka anda harus melakukan pengukuran di karpet talang ini. Hal ini bertujuan agar karpet yang dibutuhkan bisa pas dengan media yang ada. Untuk melakukan pengukuran ini dapat menggunakan alatg ukur meteran.

4. Pemotongan
Apabila ada bagian yang kurang pas, maka anda dapat melakukan pemotongan. Untuk memotong karpet talang ini caranya mudah sekali yaitu dapat menggunakan gunting.

6. Pemasnagan Karpet Talang
Setelah semua tahapan proses diatas sudah dilakukan, anda dapat langsung memulai proses pemasangan karpet talang ini dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

- Bawa Karpet ke Atap
Bawalah karpet yang masih dalam keadaan tergulung ke atap. Untuk hal ini anda dapat meminta bantuan orang lain, karena jika anda membawanya sendiri sedikit sulit dikarenakan gulungan karpet itu lumayan berat.

- Hamparkan Karpet di Atas Rangka Atap
Selanjutnya anda dapat langsung menghamparkan karpet talang tersebut tepat berada di atas rangka atap yang sudah dibuat sebelumnya. Untk cara menghamparakannya cukup mudah yaitu dengan meletakkan gulungan karpet di salah satu ujung, kemudian tinggal mendorongnya.

- Perkuat dengan Paku
Agar tidak mudah geser, maka anda dapat memasangkan paku di bagian pinggir karpet talang tersebut.

- Rapikan Pemasangan
Jika terdapat bagian yang kurang rapi, maka anda haruslah merapikannya. Karena apabila anda bagian yang kurang rapi dapat menyebabkan karpet talang air tersebut tidak bekerja secara maksimal.

Baca Juga:

7. Uji Coba
Setelah pemasangan, anda juga dapat melakukan uji coba supaya tahu apakah karpet talang tersebut sudah bekerja dengan baik ataukah belum. Caranya adalah dengan mengalirkan air dari salah satu ujungnya. Jika ternyata air dapat mengalir secara lancar ke bawah maka proses pemasangan ini benar.

Cara Memasang Karpet Talang di Genteng Paling Mudah
Cara Memasang Karpet Talang di Genteng Paling Mudah


Jadi, jika anda ingin memasang karpet talang di genteng, ikutilah langkah diatas. Demikian informasi mengenai cara memasang karpet talng di genteng paling mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips merawat karpet talang agar tidak mudah bocor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel