-->

Cara Mengecat Sepeda Agar Terlihat Bagus

Cara Mengecat Sepeda Agar Terlihat Bagus - Sepeda merupakan salah satu jenis kendaraan yang banyak orang prnah mnggunakannya. Biasanya apabila sepeda trsbut umurnya sudah lama. Cat yang trdapat di dalam speda tersbut ada yang menglupas. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara mengecat sepeda agar terlihat bagus.

Langkah - Langkah Mengecat Sepeda


Sebelum masuk ke dalam proses pengecatan, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan antara lain sebagai berikut:

- Kuas
- Cat
- Obeng
- Tempat yang Nyaman
- Paint Remover

Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat memulai proses pengecatan. Untuk proses pengecatan sepeda ini anda dapat mengikuti beberapa langkah - langkah berikut ini:

1. Lepas Semua Atribut Sepeda
Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan melepas semua atribut yang terpasang di sepeda yang akan dicat. Mulai dari rem, setang, maupun ban serta velg. Hal ini bertujuan agar ketika proses pengecatan tidak mengenai bagian - bagian atribut yang ada.

Untuk melepasanya sendiri dapat menggunakan obeng. Biasanya sepeda itu dilengkapi dengan baut, maka untuk melepasnya cukup lepaskan baut itu saja, nanti atribut akan lepas dengan sendirinya.

2. Tentukan Area yang Akan diLakukan Pengecetan
Langkah yang kedua yaitu dengan menentukan area mana saja yang akan dilakukan pengecatan. Dengan begit nantinya kita dapat memprediksi jumlah cat yang dihabiskan.

3. Aplikasikan Paint Remover
Setelah diketahui area yang akan dicat, selanjutnya aplikasikan paint remover pada area tersebut, Tujuannya agar melepaskan cat yang sudah ada sebelumnya. Ketika proses ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati, cepat bersihkan apabila paint remover terkena kulti cepat lakukan pencucian.

4. Diamkan Sejenak
Seetelah paint remover diaplikasikan, diamkan sejenak sekitar 5/15 Menit. Jika masih terdapat cat lama yang masih menempel. Ulangi proses pengolesan paint remover pada area tersebut.

5. Cuci denag Sabun
Jka dirasa cat lama sudah hilang semua, lakukan pencucian terlebih dahulu dengan menggunakan sabun. Selanjutnya lakukan pengamplasan. Kemudian cuci kembali sepeda tersebut agar bersih secara maksimal.

6. Aplikasikan Cat Dasar
Sebelum memulai pengecetan dengan cat yang diinginkan, terlebih dahulu aplikasikan cat dasar terlebih dahulu, dengan begitu ketika pengecatan nanti dapat dengan hasil yang maksimal.

7. Keringkan Sejenak
Setelah itu keringkan sejenak, dalam proses pengeringan ini pastikan lokasi tersebut terkena sinar matahari secara langsng serta bebas dari debu, karena nantinya dapat menempel pada permukaan sepeda yang sudah diaplikasikan cat dasar.

8. Proses Pengecatan
Pada tahap ini adalah tahap dimana proses pengaplikasian cat yang sebenanrnya. Sebelumnya tentukan dulu area mana saja yang akan dilakukan pengecatan. Agar memudahkan proses pengecatan, sebaiknya tandai bagian tersebut dengan menggnunakan spidol atau media lainnya. Jika sudah siap semua anda dapat langsung menyemprotkan cat tersebut. Agar hasil semprotan baik, maka sebaiknya dilakukan dengan jarak sekitar 35 cm sampai dengan 40 cm. Ulangi penyemprotan untuk hasil yang merata.

9. Berikan Cat Clear
Jika semua bagian sudah dilakukan pengecatan, anda bisa menambahkan cat clear. Tujuannya adalah memberikan efek doff ataupun kinclong, karena jenis cat clear ini bermacam - macam. Ada yang dapat menimbulkan efek doff dan ada juga yang menimbulkan efek kinclong.

Baca Juga:
10. Pasang Semua Atribut Sepeda
Jika semua bagian sudah kering semua, pasang semua atribut sepeda yang sudah dilepas semua. Mulai dari rem, velg, ban serta atribut lainnya. Dalam pemasangan  atribut ini pastikan dapat terpasang dengan baik, agar sepeda dapat berfungsi secara optimal.

Untuk mengecat sepeda ini sebenarnya sama dengan pengecatan pada umumnya. Untuk memudahkan proses pengecatan gunakanlah alat serta cat yang mempunyai kualitas terbaik. Demikian informasi mengenai cara mengecat sepeda agar terlihat bagus, tips pengecatan sepeda, tips mengganti warna sepeda dengan  biaya terjangkau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel