-->

Tutorial Cara Membuat Bintang dari Kertas Origami Lengkap dengan Gambarnya

Tutorial Cara Membuat Bintang dari Kertas Origami Lengkap dengan Gambarnya - Origami merupakan salah satu jenis kerajinan tanganb, origami ini tergolong kerajinan lipat. Karena cara membat kerajinan ibni membutuhkan keterampilan dari tangan kita, agar kertas yang tadinya tidak terbentuk akan menjadi bentuk yang diinginkan. Banyak sekali bentuk yang dapat anda buat dalam kerajinan origami ini salah satunya adalah bentuk bintang.

Ketikan ingin membuat kerajinan kertas origami bentuk bintang ini, maka anda juga harus tahu terlebih dahulu teknik pembuatannya. Nah pada artikel berikut ini akan menjelaskan bagaimana langkah - langkah untuk membuat bintang dari kertas origami.

Namun sebelum masuk ke dalam proses pembuatan, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan, karena tanpa alat dan bhahan ini maka pembuatan kerajinan origami tidak dapat berjalana. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bintang dari kertas origami ini adalah sebagai berikut:

Alat dan Bahan:
- Kertas
Untuk kertasnya sendiri bebas, anda dapat menggunakan kertas untuk menulis atau kertas karton. Pilihlah warna kertas sesuai kebutuhan.
- Gunting / Cutter
Gunting ini nantinya akan digunakan untuk proses pemotongan kertas
- Penggaris
Agar hasil pembuatan kerajinan bintang dari kertas origami ini rapi, maka anda dapat menggunakan penggaris tersebut
- Spidol / Pensil
Spidol atau pensil ini nantinya akan digunakan untuk membuat garis yang akan digunakan untuk pedoman kita dalam melakukan pemotongan atau juga pelipatan

Baca Juga:
Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan bintang dari kertas origami ini, Untuk membuatnya anda dapat menerapkan beberapa langkah - langkah berikut ini:

1. Buatlah Kertas Menjadi Persegi Panjang
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan cara membuat kertas yang akan dibuat kerajinan bintang ini menjadi bentuk persegi panjang. Dalam hal ini ukuran kertas juga hars diperhatikan. 

Membuat Persegi Panjang
Membuat Persegi Panjang
Misalnya anda ingin  membuat kerajinan bintang yang besar, maka anda juga harus menyiapkan kertas yang berbentuk persegi panjang dalam ukuran besar. Begitu pula sebaliknya.
Untuk membuat kertas menjadi sesuai yang diinginkan anda dapat melakukan pemotongan pada kertas tersebut dengan menggunakan gunting atau cutter.

2. Pelipatan Pertama
Jika kertas persegi panjang sudah siap, anda dapat memulai proses pelipatan pertama yaitu dengan melipat bagian ujung sisi kanan kertas tersebut ke arah bawah. Pastikan bagian kiri sejajar dengan sisi kertas bagian kiri. Dalam pelipatan ini akan membentuk sebuah sudut runcing pada bagian kanan atas.

Pelipatan Menjadi Runcing

3. Lakukan Pemotongan Sisa Pelipatan
Ketika anda sudah melakukan pelipatan, hal yang perlu anda lakukan adalah dengan cara memotong sisa pelipatan tersebut. Biasanya bentuk potongan ini adalah persegi panjang, untuk memotongnya anda dapat menggunakan gunting atau juga cutter. Sebaiknya dalam proses pemotongan ini dilakukan secara hati - hati agar hasil pemotongan rapi, atau anda juga dapat membuat garis lurus terlebih dahulu pada bagian yang akan dilakukan pemotongan untuk dijadikan pedoman.

4. Pembentukan Antar Bagian
Ketika anda ingin membuat bintang dari kertas origami ini tentunya terdiri dari berbagai macam bagian, oleh karena itu potong dan bentuklah masing - masing kertas tersebut sesuai dengan gambar berikut ini:


Membuat Origami
Membuat Origami

 5. Proses Penyatuan
Jika antar bagian sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah dengan menyatukan masing - masing bagian tersebut agar nantinya dapat menjadi bentuk bintang sesuai yang diinginkan.

Kreasi Bintang Origami
Kreasi Bintang Origami
Demikian informasi mengenai tutorial cara membuat bintang dari kertas origami lengkap dengan gambarnya, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan kerajinan origami, cara membuat origami dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel