-->

Cara Memperbaiki dan Menambal Evaporator yang Bocor

Cara Memperbaiki dan Menambal Evaporator yang Bocor - Evaporator dalam sebuah kulkas merupakan salah bagian yang penting, oleh karena itu apabila terdapat permasalah pada bagian ini tentunya kulkas tidak dapat berfungsi secara maksimal. Biasanya yang sering muncul pada bagian ini adalah kebocoran evaporator, penyebab kebocoran ini banyak sekali salah satunya adalah terkena benda yang tajam.

Misalnya saat kita mau ambil es yang lengket menggunakan pisau dan ternyata justru mengenai bagian evaporator maka hal inilah yang menyebabkan evaporator bocor. Jika anda mengalami hal ini, maka anda segera melakukan tindakan perbaikan. Kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki dan menambal evaporator yang bocor, Sebelum melakukan penambalan, langkah yang dapat anda lakukan apabila terjadi kebocoran pada evaporator adalah sebagai berikut:

1. Matikan Kulkas dan Keluarkan Semua Isinya
Jika anda mengalami kejadian ini, maka segeralah matikan kulkas serta keluarkan seluruh isi didalam kulkas.

2. Bersihkan Es
Untuk menghindari masuknya es ke dalam bagian evaporator, maka segeralah bersihkan es tersebut. Untuk membersihkanya anda dapat melakukan pengambilan.

Jika semua hal diatas sudah dilakukan, anda dapat melakukan langkah selanjutnya yaitu penambalan. Untuk menambal evaporator yang bocor adalah sebagai berikut:

- Menentukan Letak Kebocoran
Hal pertama yang harus dilakukan  yaitu dengan menentukan letak kebocoran pada evaporator tersebut. Dalam penentuan letak kebocoran ini harus dilakukan secara teliti, jangan sampai nanti salah titik.

- Tandai Letak Kebocoran
Untuk memudahkan kita dalam mengingatnya, anda dapat membuat tandai pada bagian yang bocor tersebut.

- Lakukan Pengamplasan
Selanjutnya anda dapat melakukan pengamplasan, dalam melakukan hal ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati. Jangan sampai sisa - sisa pengamplasan tersebut masuk ke dalam evaporator.

- Lakukan Penambalan
Untuk menambal kebocoran evaporator, anda dapat melakukan pengeleman. Untuk mengelem evaporator ini anda dapat menggunakan lem khusus.
Berikan lem pada area yang mengalami kebocoran, pastikan lem tersebut menutupi semua area ynag bocor. Kemudian tunggu hingga lem tersebut kering.

Baca Juga:

Banyak sekali cara memperbaiki dan menambal evaporator yang bocor, untuk proses ini tentunya membutuhka  pengetahuan dan teknik tersendiri, oleh karena itu jika anda tidak memilikinya. Serahkan urusan perbaikan kulkas anda kepada ahli yang sudah berpengalaman.

Cara Memperbaiki dan Menambal Evaporator yang Bocor
Cara Memperbaiki dan Menambal Evaporator yang Bocor


Demikian informasi mengenai cara memperbaiki dan menambal evaporator yang bocor, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips penambalan evaporator yang bocor, cara mengatasi kebocoran evaporator, tips memperbaiki kulkas yang rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel