-->

Cara Membuat Alat Penyaring Air Kran Kamar Mandi dengan Mudah

Cara Membuat Alat Penyaring Air Kran Kamar Mandi dengan Mudah - Alat penyaring air merupakan salah satu jenis alat yang digunakan untuk menyaring air agar tetap bersih ketika digunakan untuk mandi dan lain sebagainya.

Ketika air berada di tandon air maka tidak selalu air tersebut bersih, bisa jadi di dalam tandon tersebut banyak kerak dan kotorannya. Oleh karena itu untuk menyaring air dari kotoran tersebut dapat menggunakan alat penyaring air ini.

Saat ini banyak sekali tersedia dipasaran alat penyaring air ini, namun jika anda ingin membuatnya sendiri anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat alat penyaring air kran kamar mandi dengan alat yang sederhana.

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Langkah awal adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkn untuk pembuatan alat penyaring air kran ini, adapun beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- Botol Bekas
- Selang Air
- Isolasi
- Sap Ijuk
- Spon Akuarium
- Batu Akuarium
- Lem
- Kapas
- Solder

2. Bersihkan Semua Alat
Selanjutnya anda harus membersihkan semua alat tersebut, pastikan alatnya bersih dari berbagai kotoran. Anda dapat melakukan pencucian hingga alat tersebut benar - benar bersih.

3. Lap Hingga Kering
Kemudian lap alat yang sudah di cuci tersebut sampai kering, untuk alat yang anda dapat gunakan untuk pengelapan bisa dengan kain lap.

4. Buka Penutup Botol
Penutup botol ini nantinya digunakan untuk memasang selang air, oleh karena itu anda harus membukanya terlebih dahulu.

5. Lubangi Tutup Botol
Kemudian lubangi tutup botol tersebut, Sebelum melakukan pelubangan ini anda harus mengukur terlebih dahulu. Sesuaikan ukuran lubang dengan ukuran selang air yang akan dipasang. Untuk membuat lubangnya sendiri anda dapat menggunakan alat solder atau yang lainnya. Usahakan dalam proses pembuatan lubang ini rapi, agar ketika dipasang air tersebut tidak keluar.

6. Pasang Selang di Tutup Botol
Setelah itu anda dapat memasang selang air yang susah dipersiapkan dengan menggunakan lem, pastikan posisinya pas. Jika sudah yakin anda dapat melakukan pengeleman.

7. Pengisian Filter Air
Ini merupakan bagian inti dari pembuatan alat penyaring air, anda harus mengisikan bahan - bahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke dalam botol ini. Adapun susunan dalam pengisiannya adalah sebagai berikut:
- Paling bawah spon filter akuarium
- Kemudian berikan ijuk, pastikan ukurannya pas dan posisiya tepat
- Berikan spon filter akuarium lagi
- Berikan batu akuarium diatasnya
- Taruh kapas diatas batu tersebut, pastikan batu kerikil tersebut tidak terlihat
- Terakhir dengan memasang spon filter akuarium kembali

Baca Juga:

8. Tutup Kembali Penutup Botol Tersebut.
9. Lakukan Pemasangan Alat Penyaring Air Kran
Langkah terakhir adalah dengan melakukan pemasangan alat yang sudah kita buat, caranya adalah dengan memassukkan selang tersebut di kran yang akan dialiri air tersebut.

Cara Membuat Alat Penyaring Air Kran Kamar Mandi dengan Mudah
Cara Membuat Alat Penyaring Air Kran Kamar Mandi dengan Mudah


Untuk membuat alat penyaring air kran ini banyak sekali tekniknya, namun cara diatas dapat anda coba dirumah karena alat dan bahan mudah sekali kita jumpai. Demikian informasi tentang tips pembuatan filter air, diharapkan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara menjernihkan air kran kamar mandi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel