Cara Memperbaiki Kran Air yang Sering Menetes dengan Cepat

Cara Memperbaiki Kran Air yang Sering Menetes dengan Cepat - Kran air merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk megatur keluranya air dari tandon atau yang lainnya. Dengan adanya kran air ini kita dapat mudah untuk mengambil air dari tandon dengan mudah serta kita juga dapat mengatur seberapa banyak air yang akan dikeluarkan.

Namun penggunaan kran air ini juga dapat mengalami permasalahan seperti menetesnya air dari kran tersebut, hal ini akan membuat kita tidak nyaman bukan? Apalagi kalau air yang keluar tersebut berlangsung secara terus menerus. Hal ini akan membuat air yang berada di penampungan cepat habis. Maka dari itu jika anda mengalami hal ini segeralah lakukan perbaikan.

Kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki kran air yang sering menetes dengan mudah, namun sebelum masuk ke dalam proses perbaikan. Mari kita siapkan dulu alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:

- Selotip khusus pipa
- Gunting
- Lem Pipa

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat langsung memulai proses perbaikan kran air yang sering menetes ini dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Pastikan Tidak Ada Air yang Mengalir Melalui Kran ini
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa sudah tidak ada air yang megalir melalui pipa. Karena air yang mengalir ini akan menghambat kita dalam proses perbaikan.

2. Buka Kran Air
Untuk memperbaiki kran air yang sering menetes ini anda harus membuka kran yang sudah terpasang tersebut. Karena natinya akan dipasangi selotip sehingga air yang menetes itu tidak timbul kembali.

Memperbaiki kran air yang sering menetes
Memperbaiki kran air yang sering menetes


3. Lilitkan Selotip
Apabila kran air sudah terbuka, selanjutya adalah dengan melilitkan selotip pada kran tersebut, untuk memasang selotip ini mudah sekali, anda dapat memasanya secara memutar. Pastikan tidak ada bagian yang terlewati.

4. Berikan Lem
Setelah dipastikan bahwa pemasangan selotip sudah benar, maka selanjutnya adalah dengan melakukan pengeleman. Tujuannya agar hasil pemasangan kran air nantiya pas dan kuat. Oleskan lem pipa ini di area yang akan dilakukan pemasangan.

5. Pasangkan Kran Air Sesuai Aslinya
Kemudian pasangkan kembali kran tersebut seperi sebelumnya, jangan lupa kencangkan juga sambunagn kran dan pipa paralon tersebut.

Baca Juga:

6. Pengecekan
Jika semua proses diatas sudah dilakukan, tiba saatnya proses pengecekan dan uji coba. Caranya adalah dengan mngalirkan air melewati pipa paralonda dan kran air kemudian amati apakah ada air yang menetes atau tidak. Jika sudah tidak ada air yang menetes maka dipastikan proses perbaikan kran air berhasil.

Kran Air
Kran Air


Untuk memperbaiki kran air yang sering menetes ini mudah sekali, anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Demikian informasi mengenai cara memperbaiki kran air yang sering menetes, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips perbaikan kran air, trik mudah memasang kran air degan cepat.