-->

Cara Memperbaiki TV yang tidak Muncul Suaranya

Cara Memperbaiki TV yang tidak Muncul Suaranya - TV Merupakan salah satu alat elektronik yang banayak dimiliki setiap rumah. Saat ini tersedia banyak sekali jenis televisi dari yang model LED, LCD, Smart TV, TV Tabung dan masih banyak yang lainnya. Namun ketika anda sedang menyalakan televisi dan ternyata tidak muncul suaranya maka anda dapat melakukan pengecekan, apakah tv tersebut rusak atau terjadi permasalahan lainnya.

Kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki tv yang tidak muncul suaranya. Jika anda mengalami hal ini maka anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Periksa TV Apakah dalam Keadaan Mute Atau Tidak
Biasanya di dalam televisi ada fasilitas untuk menghilangkan suaranya yang dapat dikenal dengan MUTE. Jika televisi anda tidak menyala suaranya, maka anda dapat memeriksa keadaan tv tersebut apakah dalam mode mute atau tidak. Jika ya maka anda harus menonaktifkan fungsi mute tersebut dengan menekan tombol mute di remote. Namun jika tidak dalam keadaan mute dan tv tidak muncul suaranya anda dapat melakukan pengecekan lainnya.

2. Signal
Penyebab tv tidak muncul suaranya adalah signal yang kurang bagus, biasanya ketika televisi tidak mendapatkan signal yang cukup maka dapat menimbulkan gambar yang tidak jelas dan suaranya menghilang. Untuk mengatasi hal ini anda dapat memperbaiki signalnya dengan cara mengatur antena yang ada.

3. Speaker Tv Rusak
Komponen tv yang dapat memunculkan bunyi adalah speaker, namun jika terjadi kerusakan di bagian ini maka dapat menyebabkan tv tersebut tidak muncul bunyinya. Nah untuk mengatasi hal ini solusinya adalah dengan melakukan perbaikan speaker, namun apabila tidak bisa diperbaiki lagi anda dapat melakukan pergantian di bagian speaker tersebut.

4.  Terdapat Kerusakan Komponen
TV dilengkapi dengan banyak komponen, salah satunya adalah komponen yang berfungsi untuk menimbulkan bunyi. Salah satu jenis komponen ini adalah bagian IC, jika terjadi kerusakan di bagian ini maka nantinya tv tidak dapat berkerja secara normal salah satunya adalah suara yang tidak muncul. Untuk mengatasi hal ini solusinya adalah dengan melakukan pergantian di IC yang rusak, namun belum tentu IC rusak, bisa saja bagian solderan ada yang lepas dan lain sebagainya. Oleh karena itu poengecekan secara teliti ini harus dilakukan.

Baca Juga:

Jadi apabila tv anda tidak muncul suaranya dapat melakukan beberapa langkah diatas, meskipun banyak sekali cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiknya. Karena dalam proses perbaikan ini membutuhkan ilmu dan teknik khusus, sebaiknya serahkan urusan perbaikan tv anda kepada orang yang sudah berpengalaman.

Cara Memperbaiki TV yang tidak Muncul Suaranya
Cara Memperbaiki TV yang tidak Muncul Suaranya


Demikian informasi mengenai cara memperbaiki tv yang tidak muncul suaranya, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara memperbaiki tv yang rusak dengan cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel