-->

Cara Memilih Kualitas Tanah yang Bagus Untuk Membuat Batu Bata

Cara Memilih Kualitas Tanah yang Bagus Untuk Membuat Batu Bata - Hal pertama yang haerus diperhatikan dalam membuat batu bata adalah dengan menyiapkan kualitas tanah yang bagus karena dengan itu bata bata yang dihasilkan juga bagus, awet dan tidak mudah patah. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya memilih kualitas tanah yang tepat untuk dijadikan bahan membuat batu bata merah.

Ciri - ciri tanah yang dapat digunakan membuat batu bata merah


1. Tanah Mempunyai Sifat Lentur
Agar hasil bata maksimal, maka anda dapat menggunakan salah satu kriteria tanah yang mempunyai sifat lentur. Dengan begitu ketika proses pembuatan batu bata akan mudah dibentuk.

2. Tidak Mudah Hancur
Tanah yang bagus adalah tidak mudah hancur, jadi nanti ketika digunakan untuk membuat batu bata maka tidak akan mudah rusak atau patah.

Setelah mengetahui ciri - ciri tanah yang cocok untuk membuat batu bata, selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan pengecekan bahwa tanah tersebut mempunyai kualitas bagus. Berikut ini adalah langkah - langkah untuk mengecek tanah sebelum dijadikan bahan untuk membuat batu bata.

Langkah Pertama
Pada tahap awal ini kita harus menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Tanah
- Air

Langkah Kedua
- Campurkan tanah dengan air secukupnya, selanjutnya aduk hingga keduanya tercampur merata dengan baik. 
- Injak - Injak campuran air dan tanah.
- Buang kerikil yang masih terdapat di dalam tanah.
- Rendam tanah tersebut kurang lebih 24 jam

Baca Juga:

Langkah Ketiga
Pada tahap ketiga ini kita mengecek hasilnya, jika ternyata tanah tersebut tidak merekah berarti sangat bagus untuk dibuat batu bata. Jika sebaliknya maka anda dapat menggunakan tanah yang lainnya saja.

Cara Memilih Kualitas Tanah yang Bagus Untuk Membuat Batu Bata
Cara Memilih Kualitas Tanah yang Bagus Untuk Membuat Batu Bata


Demikian  informasi mengenai cara memilih kualitas tanah yang bagus untuk membuat batu bata, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pemilihan tanah yang bagus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel