-->

Cara Mengatasi Rantai Sepeda yang Kaku dengan Menggunakan Oli

Rantai adalah salah satu komponen yang penting sekali di dalam sepeda, karena bagian ini nantinya yang dapat memberikan pergerakan roda yang sudah diayuh. Namun rantai sepeda ini juga dapat mengalami masalah, salah satunya adalah rantai menjadi kaku. Jika terjadi hal ini tentunya rantai tidak dapat bekerja secara maksimal.

Oleh karena itu jika anda mengalami hal ini segeralah lakukan penanganan agar sepeda tersebut dapat digunakan lagi secara maksimal. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan perbaikan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi rantai sepeda yang kaku menggunakan oli. Baca Juga: Cara Memasang Aksesoris Sepeda Spedometer dengan Mudah

1. Siapkan Alat dan Bahan
Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Rantai Sepeda
- Oli Rantai
- Bensin
- Ember
- Sikat

2. Lepaskan Rantai yang Masih Terpasang
Lepastikan rantai dulu yang masih terpasang di sepeda, hal ini bertujuan agar mempermudah proses perbaikan.

3. Tuangkan Bensin ke dalam Baskom Secukupnya
Masukkan bensin ke dalam baskom yang sudah disiapkan sebelumnya, tuangkan bensin sesuai kebutuhan. Usahakan rantai nanti dapat masuk ke dalam bensin semua, agar proses pembersihan dapat maksimal.

4. Lakukan Perendaman Rantai di dalam Bensin
Rendamlah rantai tersebut ke dalam bensin sekitar 1- 2 jam. Proses ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel di rantai.

5. Gosok Menggunakan Sikat
Selanjutnya gosoklah rantai tersebut menggunakan sikat, pastikan noda dan kotoran yang menempel dapat bersih. Karena penyebab rantai kaku ini ini bisa disebabkan oleh kotoran yang menempel. Baca Juga: Cara mengecat Sepeda Agar Terlihat Bagus

6. Pasang Kembali Rantai di Sepeda
Jika dirasa rantai sudah bersih dan sudah tidak kaku lagi, maka pasanglah rantai tersebut di sepeda.


7. Berikan Pelumas Rantai
Agar rantai awet, berikan pelumas rantai ke seluruh area. 

Cara Mengatasi Rantai Sepeda yang Kaku dengan Menggunakan Oli
Cara Mengatasi Rantai Sepeda yang Kaku dengan Menggunakan Oli


Untuk mengatasi rantai sepeda yang kaku ini mudah sekali dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips perbaikan rantai sepeda yang rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel