Cara Merawat Mesin Semprot Pestisida yang Baik

Dalam bertani maupun berkebun musuh utama adalah hama, karena hal ini akan membuat kerusakan pada tanaman bahkan bisa juga menyebabkan gagal panen. Untuk mengatasi hama pada tanaman banyak sekali caranya salah satunya adalah dengan menyeprotkan pestisida di tanaman tersebut. Untuk menyemprotkan pestisida ke tanaman biasanya dengan menggunakan mesin semprot. 

Karena begitu pentingnya mesin ini maka perawatan yang baik haruslah dilakukan, karena apabila perawatan bagus maka dapat membuat mesin tidak mudah rusak dan dapat bekerja secara maksimal. Kali ini kita akan memberikan beberapa tips untuk merawat mesin semprot pestisida yang dapat anda lakukan dirumah. Baca Juga: Cara Menanam Jeruk Nipis di Pekarangan Rumah

1. Gunakan Mesin Semprot Sesuai dengan Fungsinya
Fungsinya mesin semprot ini adalah untuk menyemprotkan cairan pestisida ke tanaman, jadi gunakanlah mesin tersebut hanya untuk menyemprot saja bukan unuk mengaduk dan lain sebagainya.

2. Cek Semua Komponen
Selalu cek semua komponen mesin semprot, pastikan semua komponen dapat bekerja dengan baik. Jika terdapat komponen yang sedikit macet. Berikan pelumas agar komponen tersebut dapat kembali dengan normal.

3. Gunakan Air Bersih
Untuk menyemprokan pestisida, pastikan hanya menggunakan air yang bersih saja. Karena air yang kotor itu dapat menyebabkan mesin semprot mudah tersumbat. Kalau ini terjadinya pastinya membuat mesin tidak dapat bekerja secara maksimal. Baca Juga: Cara Menanam Bunga Euphorbia di Sekitar Rumah

4. Cuci Mesin Semprot Setelah digunakan
Setelah proses penyemprotan pestisida selesai, lakukan pencucian. Karena cairan pestisida yang tersisa terlalu lama dapat menyebabkan kerak di dalam mesin semprot sehingga dapat membuat mesin menjadi mudah rusak.


5. Simpan di Tempat yang Aman
Simpan mesin semprot ini di tempat yang aman, jangan tumpuk dengan benda yang berat karena dapat menyebakan mesin tersebut rusak.

Cara Merawat Mesin Semprot Pestisida yang Baik
Cara Merawat Mesin Semprot Pestisida yang Baik


Itulah beberapa cara merawat mesin semprot pestisida yang baik, diharapkan dengan adanya infromasi mengenai cara perbaikan mesin semprot pertanian yang rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel