-->

Tips Mengecat Furniture Triplek Lebih Mengkilap

Bahan untuk membuat funiture ini ada banyak sekali, salah satunya adalah triplek. Triplek merupakan salah satu bahan pembuat berbagai macam furniture seperti meja, almari dan lain sebagainya. Penggunaan bahan ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah mudah dibentuk.

Seperti halnya jenis bahan lainnya, triplek ini juga dapat di aplikasikan cat. Kali ini kita akan memberikan tutorial tentang cara mengecat furniture triplek dengan baik dan benar agar hasilnya lebih mengkilap yang dapat anda praktekkan langsung. Baca Juga: Cara Mengatasi Triplek yang Melengkung

Tutorial Mengecat Triplek Supaya Hasilnya Mengkilap

Cara Mengecat Triplek dengan Cat Kayu
Cara Mengecat Triplek dengan Cat Kayu

1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Kuas
Alat ini nantinya akan digunakan untuk mengaplikasikan cat ke triplek. Pastikan ukuran kuas yang digunakan sesuai dengan area pengecatan agar proses mengecat lebih mudah.
- Amplas
Amplas ini digunakan untuk menghaluskan permukaan triplek, gunakan amplas dengan nomor 400. Karena jenis amplas mempunyai jenis kekasaran sendiri.
-Cat
Gunakanlah cat yang berkualitas bagus, agar hasilnya maksimal dan tidak mudah mengelupas.
 - Thinner
Thinner ini berfungsi untuk mengencerka cat, karena cat dari toko tersebut sangat kental sekali.
- Cat Dasar
Cat ini diaplikasikan sebelum cat utama, karena cat ini sebagai dasaran agar hasil pengecatan lebih maksimal.

2. Lakukan Pengamplasan Triplek

Langkah berikutnya lakukan pengamplasan pada triplek tersebut, gunakanlah amplas yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk teknik pengamplasan ini bisa dengan cara menggosok permukaan triplek tersebut secara vertikal maupun horizontal. Baca Juga: Cara Membuat Meja Belajar dari Triplek

3. Aplikasikan Cat Dasar

Aplikasikan cat dasar pada area triplek tersebut, gunakanlah bantuan kuas untuk proses ini.

4. Tunggu Hingga Cat Dasar Kering

Setelah cat dasar selesai diaplikasikan ke semu area, tunggu hingga cat tersebut benar - benar kering sebelum melanjutkan proses berikutnya.

5. Campurkan Cat dengan Thinner

Untuk mengencerka cat sebelum digunakan, maka campurkan thinner kedalam cat. Pastikan komposisi cat dan thinner ini pas.

6. Aplikasikam Cat Utama

Langkah berikutnya aplikasikan cat utama tersebut. Gunakan kuas untuk mempermudah proses pengecatan. Baca Juga: Cara Memotong Triplek  dengan Menggunakan Gergaji

7. Ulangi Proses Pengecatan Beberapa Kali

Agar hasil pengecatan triplek lebih maksimal, ulangilah beberapa kali.

Itulah beberapa tips mengecat furniture triplek agar lebih mengkilap, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tutorial mengecat triplek dengan cat kayu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel