-->

Cara Memotong Papan Partikel Agar Lurus dan Tidak Rusak

Cara Memotong Papan Partikel Agar Lurus dan Tidak Rusak - Sebelum masuk ke dalam pokok pembahasan, pertama kita membahas dulu apa yang dinamakan papan partikel itu. Papan partikel merupakan salah satu bahan yang dapat dijadikan berbagai kebutuhan sebagai ganti bahan kayu jati dan lain sebagainya.

Papan partikel ini dibentuk dari hasil penggergajian kayu kemudian disatukan dan diberi perekat sehingga dapat membentuk papan. Biasanya pada bagian atasnya diberi motif agar lebih menarik. Saat ini papan partikel ini sudah banyak digunakan untuk membuat berbagai macam perabotan seperti meja, lemari dan lain sebagainya.

Setelah tahu sedikit tentang pengertian dan kegunaan papan partikel selanjutnya adalah bagaimana cara memotong papan partikel ini agar hasilnya lurus dan tidak rusak. Berikut ini adalah langkah - langkahnya.

Proses Pemotongan Particle Board / Papan Partikel Kayu


1. Siapkan Peralatan yang dibutuhkan
Sebelum memulai proses pemotongan papan partikel, hal pertama adalah dengan menyiapkan seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Gergaji Kayu
- Penggaris
- Spidol
- Alat Ukur Meteran

2. Ukur Sesuai yang dibutuhkan
Selanjutnya lakukan pengukuran sesuai dengan yang dibutuhkan.

3. Buatlah Garis Sebagai Pananda
Agar hasil pemotongan lurus, maka anda dapat membuat garis bantu dengan menggunakan spidol dan penggaris. Dengan adanya garis ini maka proses pemotongan papan partikel ini akan semakin mudah nantinya.

Baca Juga:

4. Memulai Proses Pemotongan
Dalam memotong papan partikel tekniknya sama dengan kayu pada umumnya. Namun dalam pemotongannya harus hati - hati, buatlah gerakan seacaraperlahan agar tidak membuat tekstur papan partikel tersebut rusak. Gunakan juga gergaji yang tajam agar proses pemotongan berjalan lancar.

Cara Memotong Papan Partikel
Cara Memotong Papan Partikel


Dengan pemotongan papan partikel yang baik dan benar, maka tentunya hasil yang didapatkan juga bagus sehingga anda dapat menggunakan papan partikel tersebut untuk membuat berbagai macam perabotan yang diinginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel