-->

Cara Membuat Box Ternak Jangkrik dengan Biaya yang Murah

Salah satu budidaya yang dapat anda coba adalah dengan beternak jangkrik. Jangkrik merupakan salah satu serangga yang mempunyai berbagai manfaat. Seperti untuk pakan burung, ikan dan lain sebagainya. Karena beternak burung dan ikan merupakan salah satu jenis budidaya yang banyak digeluti maka peluang jangkrik ini sangatlah lebar.

Jika anda ingin mencoba untuk beternak jangkrik ini, maka anda juga harus mengetahui keuntungan yang didapat, antara lain sebagai berikut:

- Cara Beternak Mudah

Untuk memulai beternak jangkrik ini sangatlah mudah, anda cukup membeli bibit dan membesarkan bibit tersebut di box yang telah di persiapkan.

- Panen Cepat

Panen jangkrik ini tergolong cepat yaitu berkisar antara 1 bulanan saja anda sudah dapat menikmati hasilnya.

- Modal Kecil

Modal yang diperlukan untuk beternak jangkrik sangatlah kecil, anda cukup membeli bibit serta mencari daun pisang dan memberi pelet pakan ayam saja. Baca Juga: Tips Beternak Ayam Kampung dengan Modal 200 Ribu

- Penjualan Mudah

Untuk menjual jangkrik hasil panenanya sangat mudah, anda juga dapat bekerja sama dengan pengepul jangkrik.

- Bisa di Buat Sampingan

Untuk beternak jangkrik ini juga dapat disambi dengan pekerjaan lainnya. 

Setelah mengetahui beberapa hal tentang keuntungan beternak jangkrik langkah berikutnya adalah mempelajari bagaimana cara membuat box ternak jangkrik dengan mudah.

1. Siapkan Bahan

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat box jangkrik ini antara lain:

- Triplek

- Kayu

- Paku

- Palu

- Semen

- Botol Air Mineral Bekas

2. Langkah Pembuatan

Pertama - tama buatlah box berbentuk kotak dengan menggunakan rangka kayu kemudian di pasangi triplek. Setelah box jadi, anda harus menambal bagian - bagian yang masih bolong karena adanya lubang ini akan membuat tetesan jangkrik dapat jatuh ke bawah karena ukuran jangkrik yang baru menetas sangatlah kecil. 

Cara Ternak Jangkrik


Oleskan semen di bagian dalam box untuk menambal bagian  - bagian kecil yang masih terlihat. Setelah semua bagian dalam sudah dikerjakan. Selanjutnya adalah dengan memasang botol air mineral bekas yang dipasang pada bagian kaki box tersebut. Tujuannya adalah agar serangka atau semut tidak bisa masuk ke dalam box ternak jangkrik.

Masukkan daun pisang kering untuk pakan dan tempat sembunyi jangkrik tersebut. Jangan lupa setiap siang semprot box dengan air. Agar kondisi di dalam box tetap stabil.

Nah itulah beberapa tips bagaimana cara beternak jangkrik bagi pemula, semoga dapat menambah wawasan anda tentang bagaimana caranya sukses ternak jangkrik dengan modal yang sedikit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel