Teknik Membengkokkan Pipa Paralon

Teknik Membengkokkan Pipa Paralon - Pipa paralon merupakan salah satu bahan material bangunan yang mempunyai berbagai manfaat seperti untuk mengalirkan air dan lain sebagainya. Ketika anda ingin menggunakan pipa paralon tersebut tentunya saat pemasangan harus disesuaikan dengan kondisi lokasinya. Misalnya ketika lokasi tersebut sangat membutuhkan pipa yang bengkok namun sambungan yang ada tidak bisa digunakan atau tidak pas, salah satu caranya adalah dengan membengkokkan pipa paralon tersebut, Lalu bagaimana cara membengkokkan pipa paralong tersebut? Kali ini kita akan membahas tentang teknik membengkokkan pipa paralon dengan mudah.

Untuk membengkokkan pipa paralon tersbbut terdapat banyak cara, namun kali ini kita akan mebahas tentang cara membengkokkan pipa paralon dengan menggunakan api lilin. Sebelum masuk ke proses pembengkokan pipa paralon ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Alat dan Bahan:
-Lilin
Lilin ini nantinya digunakan untuk membengkokkan pipa paralon, pastikan nyala api lilin tersebut stabil agar memudahkan proses pembengkokkan pipa paralon nantinya.
-Karet
Karet ini nantinya digunakan untuk mengikat plastik yang terdapat pada bagian ujung pipa paralon tersebut.
-Plastik
Anda bisa menggunakan plastik kantong, pilihlah plastik yang mempunyai ketebalan yang baik, Plastik ini digunakan untuk menutup lubang bagian atas dan bawah lubang pipa paralon agar tekanan udara yang ada di dalam pipa tersebut tidak dapat keluar.

Baca Juga:

Setelah semua alat dan bahan sudah siap selanjutnya adalah masuk proses pembengkokkan pipa paralon tersebut. Berikut ini adalah langkah - langkah untuk membengkokkan.. pipa paralon dengan mudah:

1. Siapkan pipa yang akan dibengkokkan
2. Pilihlah lokasi yang mempunyai penerangan yang baik serta udara yang tidak begitu kencang, agar ketika lilin tersebut dinyalakan apinya tidak padam.3
3. Pasang plastik pada bagian ujung atas dan bawah pipa paralon tersebut
4. Untuk mengencangkan plastik tersebut gunakan karet gelang, pastikan udara yang terdapat di dalam pipa paralon tersebut tidak bisa keluar, karena jika hal itu terjadi akan membuat pipa paralon tersebut menjadi gepeng.
5. Nyalakan lilin, pastikan api yang menyala dalam keadaan stabil.
6. Posisikan pipa paralon tersebut diatas api yang menyala.
7. Unutk membengkokkkannya adalah dengan cara terus menahan pipa tersebut ketika sedang di panggang di atas lilin, sesuaikan bentuk yang diinginkan.
8. Jika sudah terbentuk, diamkan pipa paralon tersebut supaya dingin terlebih dahulu.
9. Setelah benar - benar dingin, buka pengikat karet pada bagaian atas dan bawah pipa paralon.
10. Buka plastik yang terdapat pada bagian tersebut
11. Pipa paralon sudah siap digunakan.

Teknik Membengkokkan Pipa Paralon
Teknik Membengkokkan Pipa Paralon
Untuk membengkokkan pipa paralon ini mungkin terdapat banyak cara, namun cara diatas juga dapat anda coba, karena dengan cara tersebut alatnya mudah kita temukan sehari - hari. Demikian informasi mengenai teknik membengkokkan pipa paralon dengan mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips membengkokkkan pipa paralon, cara membuat pipa paralon menjadi bengkok.
data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matching-content-columns-num = 4