Cara Membuat Rak Dinding Sendiri Paling Mudah

Cara Membuat Rak Dinding Sendiri Paling Mudah - Rak merupakan salah satu perabotan dalam rumah, jenis rak banyak sekali antara lain rak buku, piring, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahan untuk membuat rak juga beraneka ragam antara lain kayu, aluminium,besi dan lain - lain, Jika anda ingin membuat rak dinding namun tidak tahu caranya, berikut ini penjelasannya. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat rak dinding sendiri paling mudah.

Bahan untuk membuat rak dinding kali ini adalah menggunakan kayu, bahan ini dipilih karena selain mudah dibentuk, mudah dijumpai harganya pun relatif terjangkau, anda juga dapat memanfaatkan kayu bekas untuk pembuatan rak dinding ini. Sebelum masuk ke proses pembuatan rak dinding, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan antara lain sebagai berikut:

- Gergaji
- Palu
- Paku
- Kuas
- Plitur
- Alat Ukur
- Pensil
- Penggaris
- Kayu

Siapkan alat dan bahan diatas, sebaiknya gunakanlah alat dan bahan yang mempunyai kualitas terbaik, agar dapat mempermudah dan mempercepat pembuatan rak dinding ini. Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu pembuatan rak dinding, anda dapat mengikuti langkah -langkah berikut ini:

1. Pembuatan Konsep
Pembuatan konsep ini diawali dengan meninjau secara langsung lokasi penempatan rak dinding tersebut, dengan begitu ukuran dan model nantinya dapat sesuai dengan lokasi pemasangan. Buatlah konsep gambar rak dinding lengkap dengan ukurannya, agar dapat menjadi patokan dalam pemotongan dan pemasangan rak dinding nantinya.

2. Pengukuran dan Pemotongan
Jika konsep sudah dibuat, ukurlah bahan tersebut sesuai dengan ukuran yang terdapat dalam konsep rak dinding tersebut, tandai bagian mana saja yang akan dipotong dengan menggunakan pensil. Untuk memotongnya gunakan gergaji.

3. Perakitan
Jika semua bagian sudah siap, anda dapat merakit rak dinding tersebut, sesuaikan model dengan konsep yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk merekatkan antar bagian anda dapat menggunakan paku.

4. Proses Finishing
Jika rak sudah terpasang di dinding anda dapat melakukan proses finishing, dalam proses ini anda dapat mengaplikasikan plitur agar rak tersebut menjadi mengkilap serta awet. 

Baca Juga:


Rak dinding ini dari segi desain sangat bagus untuk menghiasi ruangan anda, selain itu juga karena modelnya menempel di dinding jadi tidak memakan banyak space di rumah anda. Rak dinding ini dapat anda manfaatkan untuk menaruh perabotan, atau bunga - bunga, atau buku - buku maupun benda lainnya.

Cara Membuat Rak Dinding Sendiri Paling Mudah
Cara Membuat Rak Dinding Sendiri Paling Mudah
Demikian informasi mengenai cara membuat rak dinding sendiri paling mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan rak dinding, tutorial pembuatan rak dinding, rak dinding kayu biaya terjangkau.