Cara Mengecat Kayu dengan Kuas

Cara Mengecat Kayu dengan Kuas - Kayu merupakan salah satu bahan yang banyak diolah dan dijadikan perabotan, seperti meja, almari, kusen, pintu dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak cara untuk menjadikan bahan kayu tersebut menjadi lebih menarik lagi, salah satunya adalah dengan cara mengecetnya. Jika anda ingin mencari informasi mengenai cara mengecat kayu dengan kuas, berikut ini kami sajikan informasinya. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengecat kayu dengan menggunakan cat kayu dan kuas.

Dalam pengecatan kayu hampir sama dengan pengecetan pada media lainnya, untuk melakukan proses pengecetan ini membutuhkan beberapa alat dan bahan, berikut ini beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan dalam proses pengecetan kayu:
- Kuas
Pilihlah kuas ynag mempunyai ukuran sesuai dengan media yang akan di cat, jika media tersebut sulit sebaiknya gunakanlah ukuran kuas yang kecil agar memudahkan proses pengecetan dan hasilnya rapi.
- Cat Kayu
Banyak sekali jenis dan merk cat kayu dipasaran, sebaiknya pilihlah cat kayu yang memiliki kualitas terbaik, agar ketika sudah diaplikasikan akan bertahan lama.
- Wadah
Wadah ini nantinya untuk memudahkan proses pengecetan, anda dapat memanfaatkan wadah bekas kue, ember serta barang lainnya, yang penting memudahkan proses pengecetan nantinya.

Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, selanjutnya adalah langkah - langkah dalam pengecetan kayu:

1. Persiapkan Kayu yang Akan di Cat
Persiapkan kayu yang akan dicat, jika kayu tersebut kotor ataupun berdebu anda dapat melakukan pencucian terlebibih dahulu, pastikan sebelum melakukan pengecetan kayu tersebut sudah dalam keadaan bersih agar pengecetan berjalan lancar.

2. Siapkan Lokasi Pengecetan
Untuk melakukan proses pengecetan ini sebaiknya lakukanlah di area yang mempunyai penerangan dan udara yang cukup, agar ketika cat tersebut diaplikasikan dapat segera kering dan tentunya hasil pengecetan akan rapi.

3. Mulai Pengecetan dari Atas
Dalam melakukan pengecetan ini, mulailah pada bagian atas, karena apabila anda tetesan cat nantinya dapat kita bersihkan. Oleskan cat pada bagian tersebut, pastikan cat tersebut rata.

4. Ulangi Pengecetan
Untuk menghasilkan pengecetan yang maksimal, ulangi proses pengecetan beberapa kali.

Baca Juga:


5. Diamkan Hingga Kering
Jika semua bagian sudah dilapisi cat semua, diamkan sejenak hingga kayu tersebut benar - benar kering. Jika tedapat bagian yang kurang ataupun terkena cipratan, segera bersihkan dengan menggunakan kain sebelum cat tersebut mengering, karena apabila sudah mengering akan sulit untuk menghilangkan cat tersebut.

Cara Mengecat Kayu dengan Kuas
Cara Mengecat Kayu dengan Kuas
Untuk mengecat kayu ini sebenarnya mudah sekali, sebaiknya dalam proses pengecetan ini dilakukan secara hati - hati dan teliti, agar hasil yang didapatkan juga memuaskan. Demikian informasi mengenai cara mengecat kayu dengan kuas, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pengecatan kayu, tutorial pengecetan kayu.