-->

Cara Membersihkan CPU dari Debu

Cara Membersihkan CPU dari Debu - CPU merupakan salah satu perangkat komputer, apabila komputer ini sudah dipakai lama biasanya terdapat debu yang menempel. Lalu bagaimana cara membersihkannya? Kali ini kita akan membahas tentang cara membersihkan cpu dari debu.

Debu yang menempel pada cpu ini harus segera dibersihkan, agar cpu tersebut dapat berkeja secara maksimal, untuk membersihkan cpu ini membutuhkan beberapa alat dan bahan, berikut ini adalah alat dan bahan yang dibutuhkan:

- Kuas
- Tisue
- Kemoceng
- Obeng

Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat memulai untuk proses pembersihan cpu dari debu, anda dapat mengikuti langkah - langkah berikut ini:

1. Cabut Colokan
Ketika proses pembersihan cpu ini pastikan colokkan yang mengarah ke stop kontak tersebut dilepas terlebih dahulu agar aman.

2. Cari Tempat yang Nyaman
Agar ketika proses pembersihan ini berjalan lancar, sebaiknya carilah lokasi pembersihan yang nyaman serta mempunyai penerangan yang baik, supaya debu yang menempel dapat terlihat dan mudah dibersihkan nantinya.

3. Buka Cover
Selanjutnya bukalah cover casing cpu tersebut, untuk membukanya anda dapat menggunakan obeng. Ketika membuka cover ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati, agar tidak merusak komponen lainnya.

4. Proses Pembersihan
Untuk membersihkan cpu ini ada beberapa bagian, yaitu bagian luar dan bagian dalam. Berikut ini penjelasan masing - masing bagiannya.

- Bagian Luar
Biasanya debu tersebut menempel pada bagian luar casing cpu, baik bagian atas, samping, depan maupun bawah. Untuk membersihkannya cukup dengan mengelapnya dengan kemoceng. Namun apabila ada debu yang sulit dibersihkan gosok secara perlaha dengan menggunakan tissue, pastikan debu tersebut dapat hilang.

- Bagian Dalam
Bagian ini sangatlah penting dijaga kebersihannya, karena apabila bagian dalam ini terdapat debu dapat menggangu kinerja CPU itu sendiri, ketika proses pembersihan bagian dalam ini anda dapat menggunakan kuas dan tissue. Sebaiknya ketika proses pembersihan cpu bagian dalam ini dilakukan secara hati - hati, agar tidak menggangu komponen yang terdapat didalamnya.

Baca Juga:
5. Tutup Kembali dan CPU Siap Digunakan
Apabila proses pembersihan cpu sudah selesai, tutup kembali cover casing cpu tersebut, kencangkan baut yang terdapat pada casing tersebut. Setelah selesai cpu siap digunakan kembali.

Cara Membersihkan CPU dari Debu
Cara Membersihkan CPU dari Debu
Untuk membersihkan cpu ini sebaiknya dilakukan secara berkala, bisa minimal 1 bulan sekali atau jika sudah benar - benar kotor. Karena dengan membersihkan cpu tersebut salah satu bagian dari perawatan cpu agar awet. Demikian informasi mengenai cara membersihkan cpu dari debu, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara membersihkan cpu yang kotor, cara merawat cpu agar awet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel