Cara Membuat Kandang Lovebird dari Kayu Biaya Murah

Cara Membuat Kandang Lovebird dari Kayu Biaya Murah - Lovebird merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang sangat populer saat ini. Selain dijadikan untuk perlombaan, burung ini juga dapat diternak. Sebelum anda memutuskan untuk ternak lovebird ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Seperti kandang, wadah makanan,glodok dan lain sebagaianya. Nah kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat kandang lovebird dari kayu dengan biaya yang murah sekali.

Ukuran Kandang Ternak Lovebird
Ukuran Kandang Ternak Lovebird
Sebelum membuat kandang burung lovebird ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:
- Kandang lovebird harus nyaman
- Ukuran Kandang Harus Sesuai
- Penempatan Kandang Harus Pas
- Pemasangan Glodok yang Benar
- Pemasangan Wadah Makanan yang Baik
- Pemasangan Tangkringan yang Baik

Dari beberapa aspek diatas, dalam pembuatan kandang lovebird harus dapat mengikuti beberapa hal diatas. Agar lovebird dapat hidup dengan nyaman. Dengan kandang yang nyaman serta baik, tentunya akan berdampak dengan kehidupan burung itu sendiri. Berikut ini merupakan pmbahasan dari masig - masing aspek diatas:

1. Kandang Lovebird harus nyaman
Ini merupakan aspek penting dalam pembuatan kandang lovebird ini. Dalam pembuatan kandang pastikan nantinya burung tersebut merasa nyaman berada didalamnya. Berikut ini beberapa tips cara membuat kandang lovebird dari kayu dengan biaya terjangkau.

  • Persiapan Alat dan Bahan
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan sperti:
- Kayu
- Palu
- Gergaji
- Kawat Ram
- Alat Ukur Meteran
-Spidol
  •  Pembuatan Konsep Desain Kandang
Selajutnya adalah pembuatan konsep desain kandang, dalam hal ini anda harus memikirkan bentuk seperti apa yang ingin dibuat, ukuran, serta tahap finishing nantinya. Untuk memudahkan proses pembuatan konsep ini anda dapat membuatnya di sebuah kertas maupun media lainnya. Sertakan juga masing - masing bagian lengkap dngan ukurannya. Hal ini agar memudahkan kita dalam melakukan pemotongan nantinya.

Umumnya kandang lovebird ini memiliki 4 kaki, biasanya berbentuk kotak. Sedangkan untuk sisinya diberi kawat ram sebagai dindingnya. Kandang lovbird biasanya terdapat 2 pintu, yaitu pintu utama dan pintu glodok.
  • Proses Pengukuran
Langkah selanjutya yaitu mengukur pada bahan - bahan yang dibutuhkan, dalam proses pengukuran ini anda dapat menggunakan alat ukur meteran. Selesai melakukan pngukuran, jangan lupa tandai ara tersebut agar memudahkan kita dalam melakukan pemotongan nantinya.
  • Pemotongan Bahan
Selesai dilakukan pengukuran, selanjutnya adalah melakukan pemotongan,. Untuk memotong bahan ini cukup menggunakan gergaji saja, karena bahan yang digunakan adalah kayu. Pastikan dalam memotong bahan ini sesuai dengan area yang sudah ditandai sebelumnya. 
  • Perangkaian
Jika semua bagian sudah siap, anda dapat merangkai bahan trsbut menjadi bentuk yang diinginkan. Untuk proses ini anda dapat menggunakan palu serta paku agar satu bagian dengan lainnya dapat menempel dengan baik.
  • Pemasangan Kawat Ram
Sampai tahap ini, kerangka kandang sudah terbentuk. Langkah selanjutnya adalah pemasangan kawat ram, dalam melakukan kawat ram ini sebaiknya dilakukan pengukuran terlebih dahulu, agar ketika proses pemasangan dapat pas sesuai dengan area yang ingin dipasangi. Untuk memotong kawat ram ini anda dapat menggunakan gunting besi.

2. Ukuran Kandang Harus Sesuai
Aspek ini juga penting, karena dengan ukuran yang terlalu kecil dapat membatasi gerakan burung tersebut, sebaiknya ssuaikan ukuran kandang dengan jumlah burung lovebird yang dipelihara. Untuk ukuran kandang ini juga harus disesuaikan dengan penempatan kandang itu nantinya.

3.Penempatan Kandang Harus Pas
Jika anda sudah memiliki kandang lovebird maka hal yang juga termasuk penting adalah menentukan dimana kandang tersebut akan diletakkan. Untuk meletakkan kandang ini sebaiknya memerhatikan hal - hal berikut ini:
- Lokasi tidak boleh lembab
- Terdapat Sinar Matahari
- Mempunyai Sirkulasi Udara yang Cukup
- Tidak Terkena Air Hujan

4. Pemasangan Glodok yang Benar
Glodok merupakan salah satu tempat bertelur burung lovebird, oleh karena itu jika anda ingin ternak lovebird maka ada juga harus menyiapkan glodok. Glodok ini dapat anda dapatkan di toko sangkar terdekat, namun jika anda ingin membuatnya sendiri, dapat mengikuti tutorial pembuatan glodok pada artikel yang sudah dijelaskan sebelumnya.

5. Pemasangan Wadah Makanan yang Baik
Pastinya semua burung peliharaan mmbutuhkan wadah makanan ini, begitu juga burung lovebird ini. Wadah makanan burung lovbird ini dapat anda beli di toko terdekat. Pastikan dalam memilih wadah ini ukurannya disuaikan. Karena wadah pakan burung ini banyak sekali ukuran serta bentuknya.

6. Pemasangan Tangkringan yang Baik
Tangkringan merupakan salah satu perlengkapan kandang yang harus anda, karena pada benda inilah nantinya burung akan bertengger. Untuk tangkringan burung lovebird ini juga memanfaatkan kayu atau ranting pohon di sekitar rumah.
 
Baca Juga:
Dalam ternak lovebird harus melakukan persiapan dengan matang, mulai dari pembuatan kandang serta pemasangan perlengkapan lainnya. Ternak burung lovebird ini juga memerlukan pengetahun khusus tentang waktu burung akan bertelur, hal yang harus dilakukan ketika lovebird sudah beranak dan lain sebagainya. Oleh karena itu selalu konsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman itu penting.
 
Kandang Ternak Burung Lovebird
Kandang Ternak Burung Lovebird
Demikian informasi mengenai cara membuat kandang lovebird dari kayu biaya murah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pmbuatan kandang burung lovbird, ukuran kandang lovebird yang ideal, cara ternak burung lovebird bagi pemula.
data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matching-content-columns-num = 4