Cara Memotong Rantai Motor dengan Alat Sederhana

Cara Memotong Rantai Motor dengan Alat Sederhana - Rantai merupakan salah satu komponen di dalam sebuah sepeda motor, dalam hal ini adalah sepeda motor non matic. Ketika anda sedang menggunakan motor tersebut tiba - tiba rantai tersebut kendur, tentunya akan menimbulkan bunyi tersendiri oleh karena itu agar motor anda tetap berjalan seacara optimal anda hars melakukan perawatan pada bagian rantai ini, adapun salah satu perawatan rantai ini adalah dengan cara melakukan  pemotongan pada rantai tersebut. Kali ini kita akan membahas tentang cara memotong rantai motor dengan alat sederhana.

Cara Memotong Rantai Motor dengan Alat Sederhana
Cara Memotong Rantai Motor dengan Alat Sederhana
Sebelum melakukan pemotongan, ada beberapa alat dan bahan antara lain sebagai berikut:
- Alat Potong Rantai ( Treker)
- Paku
- Palu
- Obeng

Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, anda dapat memulai proses pemotongan rantai. Adapun langkah - langkah dalam memotong rantai motor ini adalah sebagai berikut:

1. Pengecekan Rantai
Hal pertama yang harus anda lakukan untuk memotong rantai motor adalah dengan cara melakukan pengecekan pada rantai tersebut, seberapa kendurkah. Hal ini nantinya akan dijadikan pedoman kita dalam melakukan pemotongan.

2. Copot Roda Belakang
Selanjutnya anda harus melepaskan roda belakang agar nantinya rantai tersebut dapat dikeluarkan, untuk melepas roda tersebut dapat menggunakan obeng. sesuaikan ukuran obeng dengan ukuran baut yang ada.

3. Proses Pemotongan Rantai
Pada tahap ini merupakan bagian inti dari pemotongan rantai, untuk memotong rantai ini dapat menggunakan berbagai macam alat. Salah satunya adalah alat potong rantai atau juga dapat menggunakan paku. Sesuaikanlah teknik pemotongan sesuai yang anda kuasai, Berikut ini penjelasan masing - masing pemotongan rantai berdasarkan alat yang digunakan:

- Pemotongan Rantai dengan Alat Pemotong Rantai ( Treker)
Alat ini dibuat bertujuan untuk memudahkan kita dalam memotong rantai, namun alat ini difungsikan untuk memotong dengan minimal 2 ruas dan kelipatannya. Setelah dilakukan pemotongan, alat ini juga dapat digunakan untuk memasang kembali rantai.

Baca Juga:
- Pemotongan Rantai dengan Paku dan Palu
Cara ini termasuk cara yang manual, dengan menggunakan alat ini kita dapat memotong rantai mimal 3 ruas begitu kelipatannaya dengan kelipatan ganjil. Prinsip pemotongan dengan paku ini adalah dengan mengeluarkan pin yang terdapat pada rangkain rantai tersebut. Jika setelah dilakukan pemotongan, sambungkan kembali rantai tersebut dengan menggunakan sambungan rantai.

Untuk memotong rantai motor ini banyak sekali caranya, namun dari berbagai teknik. Cara diatas adalah cara yang paling umum digunakan. Demikian informasi mengenai cara memotong rantai motor dengan alat sederhana, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pemotongan rantai motor, cara memotong rantai motor dengan alat sederhana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel