-->

Cara Menambal Membran Speaker yang Rusak

Cara Menambal Membran Speaker yang Rusak - Jika speaker anda rusak, jangan langsung membuangnya. Anda dapat melakukan perbaikan pada speaker tersebut, jika anda sedang mencari informasi mengenai cara menambal membran speaker yang rusak berikut ini informasinya. Kali ini kita akan membahas tentang tips memperbaiki speaker yang rusak dengan mudah.

Sebelum masuk ke dalam proses perbaikan, ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan yaitu dengan menentukan tingkat kerusakan. Untuk hal ini anda dapat mengikuti langkah berikut ini:
- Pengecekan Langsung
Untuk mengecek apakah speaker tersebut rusak parah atau tidak, anda dapat melakukan pengecekan fisik speaker tersebut. Dengan begitu nantinya kita dapat menentukan apakah kerusakannya serius atau hanya sedikit.

- Menyalakan Secara Langsung
Untuk pengecekan selanjutnya, anda dapat menyalakan speaker tersebut secara langsung, jika terdapat kerusakan tentunya speaker tidak dapat menyala secara maksimal.

- Pengetesan Fisik
Untuk menentukan kerusakan pada speaker anda juga dapat melakukan penekanan khusus pada speaker tersebut, apabila saat melakukan penekanan ada bunyi krek - krek maka dipastikan speaker tersebut mengalami kerusakan. Bunyi tersebut dihasilkan dari bercampurnya antar gesekan.

Nah jika sudah mengetahui tingkat kerusakan pada speaker anda , kini saatnya kita melakukan perbaikan pada speaker tersebut. Untuk memperbaikinya anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Untuk memperbaiki speaker ini membutuhkan beberapa alat dan bahan antara lain sebagai berikut:
- Kertas
- Lem
- Bensi

Baca Juga:

2. Proses Perbaikan
Berikut ini beberapa langkah dalam melakukan perbaikan speaker yang rusak:
- Siapkan speaker yang akan diperbaiki ke dalam tempat yang nyaman dan mempunyai penerangan cukup
- Teteskan lem di sekitar spul speaker dan daun speaker, tujuannya agar lem yang ada di area tersebut melunak
- Lepaskan Spul dan Speaker, namun sebelum dilepas tandai dulu area tersebut untuk menghindari pergeseran nantinya.
- Masukkan kertas ke dalam sela - sela antara spul dan magnet tersebut
- Berikan lem kembali, biarkah lem tersebut mengering
- Selanjutnya, setelah lem tersebut mengering anda dapat menncabut kertas tersebut dengan cara menariknya
 - Lakukan pengetesan, apakah spaker tersebut sudah dapat menyala dengan normal atau tidak

Banyak sekali cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki speaker yang rusak, salah satunya adalah dengan  cara menambal membran speaker tersebut, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat membantu anda dalam hal perbaikan speaker yang rusak, cara mengecek kualitas speaker, cara merawat speaker yang baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel