Cara Memasang TV Tunner di Monitor Komputer

Cara Memasang TV Tunner di Monitor Komputer - Salah satu cara agar dapat menyaksikan acara televisi di monitor komputer adalah dengan menambahkan sebuah alat yang disebut TV Tunner, alat ini merupakan alat tambahan yang berfungsi untuk menampilkan saluran tv seperti halnya tv pada umumnya.

Jenis tv tunner ini ada beberapa macam seperti tv tunner untuk komputer yang cara menyalakannya harus menggunakan CPU dan ada juga tv tunner tanpa harus menggunakan CPU. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara memasang tv tunnner di monitor komputer tanpa CPU.

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Langkah pertama yaitu dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- TV Tunner
- Kabel VGA
- Monitor
- Stop Kontak
- Antena

2. Mempelajari Buku Manual
Jika anda membeli tv tunner baru, maka sudah dilengkapi dengan buku petunjuk pemasangan, perawatan, penggunaan dan lain sebagainya. Oleh karena itu sebelum melakukan pemasangan, Sebaiknya pelajari dulu buku manual tersebut dengan seksama sehingga nantinya ketika proses pemasangan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahan.

3. Persiapkan Antena
TV Tunner ini membutuhkan antena agar gambar yang dihasilkan jernih, adapun antena yang dapat anda gunakan seperti halnya antena tv biasa. Namun pastikan bahwa antena yang anda gunakan tersebut mempunyai kualitas yang bagus agar nantinya gambar yang dihasilkan juga maksimal.

4. Colokkan Kabel VGA
Agar bisa tampil di monitor, maka anda harus menggunakan kabel VGA. Adapun cara pemasangannya adalah dengan memasukkan kabel VGA tersebut ke dalam port yang terdapat di tv tunner maupun monitor. Pastikan anda memutar baut yang terdapat di kabel VGA tersebut agar tidak mudah lepas.

5. Colokkan Kabel Antena
Apabila antena sudah siap, langkah selanjutnya anda tingga memasangkan kabel antena tersebut ke dalam port yang sudah tersedia.

6. Colokkan Adaptor Tv Tunner dan Monitor di Stop Kontak
Kedua alat ini membutuhkan aliran listrik agar dapat menyala, oleh karena itu masukkan adaptor tersebut ke dalam stop kontak.

7. Coba Nyalakan
Setelah semua tahapan diatas sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah anda dapat melakukan uji coba. Pastikan gambar terlihat serta hasilnya jernih, apabila seperti itu maka dipastikan proses pemasangan tv tunner ini berhasil. Sedangkan jika gambar yang dihasilkan kurang jernih maka lakukanlah pengecekan antena yang digunakan.

Baca Juga:

Kehadiran TV Tunner ini sangat bermanfaat sekali, apalagi jika anda mempunyai monitor bekas yang sudah tidak terpakai lagi akan jauh lebih berguna untuk menonton tv daripada nganggur dan tidak terpakai.

Cara Memasang TV Tunner di Monitor Komputer
Cara Memasang TV Tunner di Monitor Komputer


Demikian informasi mengenai cara memasang tv tunner di monitor komputer, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tutorial pemasanga  tv tunner agar hasilnya jernih di monitor LED dan CRT.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel