Cara Membuat Paralon Hidroponik dengan Alat Sederhana

Cara Membuat Paralon Hidroponik dengan Alat Sederhana - Salah satu cara untuk menamam sayur dan buah bisa dengan sistem hidroponik. Banyak sekali keunggulan yang didapatkan menggunakan sistem ini. Untuk memulai sistem hidroponik ini ada banyak sekali medianya, salah satunya adalah mengguankan paralon. Kali ini kita akan memberikan beberapa langkah dalam membuat paralon hidrponik dengan menggunakan alat sederhana.

1. Siapkan Alat dan Bahan yang dibutuhkan
Pertama - tama siapkan dulu semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat paralon hidroponik ini anatara lain: 
- Pipa Paralon Berukuran 3 Inchi
- Alat Bor Plastik
- Solder
- Gergaji Besi
- Lem Paralon
- Sambungan Paralon
- Alat Ukur Meteran
- Penutup Paralon
- Benih Tanaman
- Gelas Plastik

2. Potong Paralon
Langkah berikutnya yaitu proses pemotongan paralon sesuai dengan kebutuhan, sebelum dilakukan pemotongan terlebih dulu lakukan pengukuran menggunakan alat ukur meteran. Sedangkan untuk memotong paralon tersebut bisa menggubnakan gergaji besi.

3. Lubangi Paralon
Jika semua pralaon sudah memiliki ukuran yang sama, langkah berikutnya yaitu pembuatan lubang. Lubang ini penting, karena lubang tersebut nantinya digunakan untuk menamam benih tanaman. Sebelum melakukan proses pelubangan, tentukan jara antara lubang satu dengan yang lainnya. Contoh jarak yang bisa anda terapkan adalah sekitar 20 cm, tujuannya agar ketika tanaman tumbuh besar tidak terlalu mepet dengan yang lainnya. Untuk membuat lubang di paralon ini ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan seperti menggunakan alat bor plastik atau bisa juga menggunakan solder, pilihlah teknik yang sekiranya mudah untuk dilakukan, yang terpenting adalah lubang tersebut hasilnya rapi dan bagus.

4. Lubang Gelas Plastik
Setelah beberapa langkah diatas sudah dilakukan, langkah berikutnya anda dapat melubangi gelas plastik menggunakan solder, sesuaikan jarak antara lubang satu dengan yantg lainnya.

5. Penanaman Tanaman di Dalam Paralon Hidroponik
Untuk menanam dengan sistem hidroponik bisa menggunakan berbagai media, salah satunya adalah dengan menggunakan busa. Dengan mengguanakan busa ini tentunya memiliki keunggulan tersendiri, salah satunya adalah mudah menyerap air dengan baik. Untuk menanam tanaman di dalam busa adalah dengan memasukkan benih tanaman ke dalam busa.

Baca Juga:

6. Pengecekan dan Pemberian Nutrisi Secara Rutin
Untuk menanam dengan sistem hidroponik ini perawatan rutin harus dilakukan, salah satunya adalah pemberian nutrisi yang pas, agar tananam dapat tumbuh subur dan dengan hasil yang maksimal. Apabila semua sudah dilakukan anda tinggal menunggu saja hingga tanaman tersebut sudah siap panen.

Cara Membuat Paralon Hidroponik dengan Alat Sederhana
Cara Membuat Paralon Hidroponik dengan Alat Sederhana


Demikian informasi mengenai cara membuat paralon hidroponik dengan alat sederhana, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang solusi penanaman metode hidroponik menggunakan paralon.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel