-->

Cara Mengamplas Permukaan Kayu yang Baik

Cara Mengamplas Permukaan Kayu yang Baik - Salah satu jenis proses finishing pada kayu adalah pengamplasan, karena proses ini biasanya dilakukan sebelum pengaplikasian plitur dan lain sebagainya. Tujuan dari proses ini adalah agar permukaan kayu menjadi lebih halus dan ketika diaplikasikan plitur hasilnya bisa maksimal. Kali ini kita akan memberikan beberapa langkah dalam mengamplas permukaan kayu yang baik dan benar.

1. Persiapan Awal
Langkah pertama adalah tahap persiapan, di tahap ini kita persiapkan dulu semua alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Amplas
- Sarung Tangan
- Kayu yang Akan di Amplas
Setelah bahan siap, pastikan anda melakukan pengecekan pada kondisi kayu apakah bebas dari paku, retak ataupun mata kayu. Karena hal ini akan menggangu proses pengamplasan nantinya.

2. Memilih Jenis Kertas Amplas Kayu
Jenis amplas ini banyak sekali, masing - masing jenis mempunyai bentuk yang berbeda ada yang lembut dan kasar. Untuk jenis amplas yang digunakan sebaiknya sesuai dengan kondisi kayu tersebut, karena apabila tidak sesuai maka akan membuat amplas akan mudah rusak ketika digunakan. Namun dalam melakukan pengamplasan yang maksimal, anda dapat menggunakan jenis amplas yang bertahap. Misalnya pada tahap awal pengamplasan gunakan jenis amplas yang agak kasar selanjutnya pada tahap akhir gunakan jenis amplas yang lembut.

3. Proses Pengamplasan
Apabila beberapa langkah diatas sudah dilakukan, langkah berikutnya yaitu proses pengamplasan. Di tahap ini ada bebebrapa hal yang perlu anda lakukan antara lain:

- Ketahui Jenis Serat Kayu
Hal pertama sebelum memulai proses pengamplasan adalah dengan mengetahui jenis serta kayu, karena apabila arah pengamplasan berlawanan arah dengan serat kayu maka dapat membuat serat kayu tersebut menjadi rusak. Karena serta kayu ini juga dapat menambah nilai keindahan dari kayu tersebut.

Baca Juga:

- Lakukan Penggosokan dengan Hati - Hati
Untuk memulai penggsokan ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati, terutama pada bagian sisi, ukiran atau profilan. Karena jika terjadi kesalahan maka dapat membuat bagian tersebut mudah rusak.

Cara Mengamplas Permukaan Kayu yang Baik
Cara Mengamplas Permukaan Kayu yang Baik


Itulah beberapa cara untuk mengamplas permukaan kayu yang baik, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pengamplasan kayu yang baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel