-->

Cara Membuat Batako Sendiri

Cara Membuat Batako Sendiri - Batako merupakan salah satu material bahan bangunan yang biasanya digunakan pada dinding rumah, Ketika anda ingin membangun rumah dan menginginkan pembanguan rumah lebih hemat salah satu caranya adalah dengan membuat batako sendiri, dengan begitu anda tidak perlu membeli bata lagi, ini akan menghemat sedikit pengeluaran uang anda tentunya. Lalu bagaimana cara membuat batoko? Berikut ini merupakan informasi cara membuat batako sendiri di rumah.

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat batoko, pembuatan batoko ini sangatlah mudah apalagi jika anda sudah mempunyai keahlian tentang bangunan. Dalam pembuatan batoko ini ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan, berikut ini merupakan alat dan bahan yang harus dipersiapkan dalam pembuatan batoko ini:

Bahan:
  • Pasir
Pasir merupakan bahan yang akan digunakan dalam pembuatan batako, dalam pembuatan batako yang bagus, pasir harus memiliki ciri - cir sebagai berikut:
- Pasir tidak menggumpal apabila dicampur dengan air
- Pasir bebas dari kotoran
- Pasir tidak menglamai perubahan ketika dicampur dengan air

Anda dapat mendapatkan pasir tersebut di toko bangunan terdekat, konsultasikan kebutuhan pasir yang anda inginkan, pilihlah pasir dengan kualitas terbaik agart hasil batako menjadi maksimal.
  • Semen
Terdapat banyak sekali merek dari semen, sebaiknya pilihlah yang mempunyai kualitas terbaik, konsultasikan dengan penjual tersebut agar nantinya dapat mendapatkan semen dengan kualitas terbaik.

Alat:

Berikut ini merupakan alat - lat yang dibutuhkan dalam pembuatan batoko:
- Tempat Adukan
- Cangkul
- Cetok
- Ember
- Palu

Baca Juga:


 Jika alat dan bahan sudah siap selanjutnya adalah proses pembutan batoko, berikut ini langkah - langkah dalam pembuatan batako sendiri di rumah:

1. Campurkan semen dengan pasir, sesuaikan perbandingannya.
2. Masukkan Air, kemudian aduk adukan, dalam pembuatan adukan ini sebaiknya jangan terlalu basah dan juga tidka terlalu kering.
3. Siapkan cetakan batoko, anda bisa membuatnya denhan menggunakan kayu yang dibentuk persegi panjang
4. Jika cetakan sudah siap, selanjutnya adalah proses memasukkan adukan ke dalam cetakan, masukkan adukan tersebut dengan cetok, pastikan adukan masuk merata ke dalam cetakan.
5. Untuk memadatkan adukan, anda bisa menggunakan palu, pukul - pukul adukan tertsebut sehingga dukan dapat merata.
6. Jika adukan sudah padat, selanjutnya proses pencopotan cetakan
7. Dalam meletakkan batako ini sebaiknya diletakkan di tempat yang datar dan keras.
8. Sebaiknya dalam membuka cetakan ini dilakukan secara hati - hati agar tidka menyebabkan adukan tersebut hancur, karena dukan tersebut tentunya masih basah.
9. Biarkan batako kering, anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahri langsung.

Cara Membuat Batako Sendiri
Cara Membuat Batako Sendiri


Dalam pembuatan batako sebenarnya mudah, namun tetap anda harus juga memerhatikan tekniknya supaya hasil bataoko tersebut mempunyai kualitas bagus, pemilihan bahan seperti pasuir dan semen usahakan yang mempunyai kualitas terbaik. Demikian informasi mengenai cara membuat batako sendiri, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang pembuatan bataoko, tips membuat batako, bagaimana pembuatan batako.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel