-->

Cara Membuat Gagang Sapu Lidi

Cara Membuat Gagang Sapu Lidi - Sapu merupakan salah satu alat kebersihan yang banyak sekali digunakan. Jenis sapu ada berbagai macam, salah satunya adalah sapu lidi. Fungsi sapu ini adalah untuk membersihkan sampah atau kotoran yang berjumlah banyak. Jenis sapu ini biasanya memiliki gagang, namun ada juga yang tidak memilikinya. Jika anda ingin memasang gagang pada sapu lidi tersebut, maka anda harus membuatny. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat gagang sapu lidi.

Untuk membuat gagang sapu lidi, ada beberapa bahan yang anda gunakan, seperti kayu, bambu dan besi. Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan bambu sebagai bahan untuk membuatnya, karena bahan ini selain mudah dijumpai, juga mudah digunakan karena bambu tersebut pastinya sudah berbentuk bulat dan halus. Jadi anda tidak perlu membentuknya lagi. Untuk membuat gagang sapu lidi, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan seperti:

- Bambu
- Gergaji
- Cutter
- Kawat

Jika semua alat dan baha diatas sudah siap, ada dapat memulai proses pembutan gagang sapu lidi, adapun langkah - langkahnya adalah  sebagai berikut:

1. Pengukuran
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengukur pada bahan yang kan dijadikan gagang sapu lidi tersebut, sesuaikanlah degan posisi berdiri anda. Pastikan posisi tersebut mempermudah anda dalam melakukan penyapuan nantinya.

2. Pemotongan
Jika ukuran sudah diketahui dan sudah ditandai area yang akan dipotong, anda dapat langsung melakukan pemotongan tersebut. Gunakan gergaji untuk memotong bambu ini. 

3. Pemasangan
Jika bahan sudah siap, anda dapat memasang gagang sapu lidi tersebut. Masukkan gagang ke dalam sapu lidi, kemudian ikatlah dengan menggunakan kawat atau bahan lainnya, dalam mengikat ini pastikan kuat, agar nantinya ketika digunakan tidak mudah lepas.

4. Finishing
Jika gagang sapu lidi sudah terpasang, langkah terakhir adalah proses finishing. Pada proses ini anda dapat melakukan perapian atau anda juga dapat mengaplikasikan cat untuk membuatnya lebih menarik lagi.

Baca Juga:
Untuk membuat gagang sapu lidi ini mudah sekali, bahan untuk membuatnya juga mudah kita jumpai. Jadi, pembutan gagang sapu lidi ini dapat anda praktekkan langsung ketika gagang sapu lidi anda rusak atau anda ingin menggantinya.

Cara Membuat Gagang Sapu Lidi
Cara Membuat Gagang Sapu Lidi
Demikian informasi mengenai cara membuat gagang sapu lidi, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan sapu lidi, kreasi sapu lidi dari kayu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel