-->

Cara Membuat Kaki Meja Kayu

Cara Membuat Kaki Meja Kayu - Meja merupakan saklah satu jenis perabotan yang sangat bermanfaat, bahan untuk membuat meja banyak sekali ada yang berupa kayu, besi dan lain sebaginya. Ketika anda membuat meja kayu, ada beberapa komponen yang harus anda buat, salah satunya adalah bagian kaki meja. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kaki meja kayu dengan mudah.

Sebelum masuk ke dalam proses pembuatan kaki meja ini, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersipakan antr lain sebagai berikut:

- Kayu
- Gergaji
- Amplas
- Pensil
- Alat Ukur Meteran
- Penggaris

Untuk membuat meja yang kokoh dan awet pilihlah kayu yang mempunyai kualitas baik, salah satu jenis kayu yang dapat anda gunakan adalah kayu jati. karena jenis kayu ini selain mudah dijumpai juga mempunyai tekstur yang kuat sehingga sagat cocok untuk anda gunakan sebagai kaki meja. Jika semua alat dan bahan  sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan kaki meja ini.

Berikut ini adalah beberapa langkah - langkah dalam membuat kaki meja kayu dengan mudah:

1. Tentukan Model Meja yang Ingin dibuat
Untuk membuat kaki meja kayu ini, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan cara menentukan model dan bentuk meja yang akan dibuat, sehingga nantinya kita dapat memperkirakan jumlah kaki serta model kaki seperti apa yang cocok untuk meja tersebut. Biasaya sebuah meja ini mempunyai sebanyak 4 buah kaki meja. 

2. Pengukuran Bahan
Jika tahap pertama sudah dilakukan selanjutnya adalah pengukuran bahan, dalam mengukur bahan ini sebaiknya berdasarkan dengan ukuran dari meja yang dibuat. Tidak selamanya kaki meja yang besar akan cocok untuk desain meja yang ingin anda buat, oleh sebab itu tahap pembuatan konsep awal ini penting. 

3. Pemotongan Bahan
Jika proses pengukuran bahan sudah dilakukan, anda dapat langsung melakukan pemotongan bahan tersebut. Karena bahan yang sudah ada tentunya tidak memiliki ukuran dan bentuk yang sesuai dengan konsep yang anda buat sebelumnya. 

Baca Juga:
4. Perangkaian
Apabila semua bagian kaki meja ini sudah siap, anda dapat langsung merangkainya. Dalam perangkaian kaki meja ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati dan teliti, karena dengan pemasangan yang salah, tentunya dapat menyebabkan meja yang anda buat tidak kuat serta dapat merusak konsep desain yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk menguatkan kaki meja, biasanya diberikan kayu tambahan untuk merektkan satu kaki degan kaki lainnya.

Cara Membuat Kaki Meja Kayu
Cara Membuat Kaki Meja Kayu
Untuk membuat kaki meja kayu ini mudah sekali, anda tidak perlu menggunakan bahan kayu yang baru, namun kayu bekas juga dapat anda olah. Demikian informasi mengenai cara membuat kaki meja kayu, diharapkan denga adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan kaki meja kayu, contoh model kaki meja kayu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel