-->

Cara Membuat Gagang Cangkul dari Kayu

Cara Membuat Gagang Cangkul dari Kayu - Cangkul merupakan salah satu jenis alat yang sagat bermanfaat sekali, seperti untuk menggali tanah dan lain sebagainya. Ketika anda membeli cangkul baru, biasanya tidak dilengkapi dengan  gagangnya. Maka dari itu anda harus membuatnya sendiri. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat ggang cangkul dari kayu.

Dalam pembuatan gagang cangkul ini membutuhkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti:

- Kayu
- Gergaji
- Amplas
- Golok
- Pensil
- Pahatan Kayu
- Alat Ukur Meteran

Untuk membuat gagang kayu ini, anda dapat memanfaatkan kayu jati. Karena kayu ini sangat mudah sekali didapatkan serta mempunyai kualitas yang baik. Setelah alat dan bahan diatas sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan gagang cangkul. Adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut ini:

1. Pengukuran Lubang 
Agar gagang palu tersebut ketika dipasang bagus dan pas, lakukan pengukuran terlebih dahulu. Degan ukuran ini nantinya akan kita jadikan pedoman dalam pembuatan gagang palu. Untuk melakukan pengukuran ini anda dapat mengguakan alat ukur meteran.

2. Pemotongan
Jika ukuran sudah didapatkan, langkah selanjutya adalah dengan melakukan pemotongan. Untuk memotong kayu tersebut dapat menggunakan gergaji. 

3. Pembentukan Pola
Pada thaap ini merupakan tahapan yng penting, karena disinilah gagang cangkul tersebut dibentuk. Untuk membentuknya anda dapat menggunakan pahatan kayu dan golok. Bentuklah yang sekiranya nanti memudahkan kita dalam menggunakan cangkul tersebut.

4. Pengamplasan
Agar gagang palu tersebut halus sehingga memudahkan kita dalam menggunakan cangkul, maka anda dapat melakukan pengamplasan. Pastikan semua bagian gagang cangkul tersebut halus secara merata.

Baca Juga:
5. Pemasangan Gagang Cangkul
Jika gagang selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah memasang gagang tersebut. Pastikan ketika memasangnya, gagang tersebut dapat terpasang dengn kuat agar ketika digunakan tidak mudah lepas.

Cara Membuat Gagang Cangkul dari Kayu
Cara Membuat Gagang Cangkul dari Kayu
Untuk membuat gagang  cangkul ini mudah sekali, anda dapat menggunakan kayu jati bekas, alat yang digunkan juga mudah kita jumpai sehari - hari. Demikian informasi mengenai cara membuat gagang cangkul dari kayu, diharapkn dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan gagang cangkul, cara pembuatan gagang cagkul dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel