-->

Cara Membuat Kalender Meja dengan Bahan Sederhana

Cara Membuat Kalender Meja dengan Bahan Sederhana - Kalender merupakan salah media yang membantu kita untuk mengingat hari, tanggal dan sebagainya. Salah satu jenis kalender yang sering kita jumpai adalah kalender meja. Biasanya jenis kalender ini ditaruh di meja, bentuknya pun kecil sehingga mudah untuk digunakan.

Kali ini kita akan memberikan beberapa tips untuk membuat kalender meja dengan bahan sederhana, kenapa disebut sederhana? Karena bahan yang kita gunakan ini nantinya mudah sekali kita jumpai sehari - hari. Berikut ini merupakan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kalender meja dengan mudah:

- Kertas A4
- Printer
- Kardus
- Gunting
- Bolpen
- Lem
- Jarum
- Tali Benang

Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, maka anda dapat memulai proses pembuatan kalender meja ini degan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Tentukan Konsep
Hal pertama yaitu dengan menentukan konsep kalender meja yang akan dibuat. Dalam hal ini konsep yang dibuat adalah desain, ukuran dan cara perangkaian. Karena konsep ini sangat penting, maka sebaiknya anda pikirkan secara matang konsep terlebih dahulu. Sehingga nantinya prosesnya mudah dan akan berjalan dengan lancar dalam pembuatannya.

2. Menentukan Ukuran
Selanjutnya kita tentukan dulu berapa ukuran kalender meja yang akan kita buat, sebagai contoh anda dapat membuat ukurannya kertas A4, karena nantinya akan dibagi 2 , yaitu sisi satu untuk diberi desain dan sisi lainnya untuk diisi kalender.

3. Pembuatan Desain
Setelah proses diatas sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah dengan membuat desain dari kelender tersebut. Untuk pembuatan desain kalender meja ini anda dapat membuatnya dengan bantuan aplikasi corel draw atau yang lainnya.

4. Cetak Desain
Jika dirasa desain sudah cocok dan tidak ada perubahan lagi, maka anda dapat langsung mencetak desain tersebut di sebuah kertas A4 dengan bantuan printer.

5. Pemotongan Kardus
Kardus ini nantinya digunakan sebagai kerangka kalender meja, karena dengan kardus inilah nantinya kalender dapat berdiri diatas meja dengan baik. Untuk ukuran dan bentuk potongannya disesuaikan dengan desain yang sudah kita buat sebelumnya. Adapun untuk proses pemotongan kardus ini bisa menggunakan gunting atau cutter, pastikan hasil pemotongannya rapi.

6. Perangkain Kerangka Kalender Meja
Setelah kardus sudah siap, anda dapat langsung merangkainya menjadi kerangka kalender meja sesuai konsep yang diinginkan. Untuk merangkainya satu sama lain anda dapat menggunakan lem.

7. Lubangi Kardus dan Kertas
Agar dapat dilipat dengan mudah, sebaiknya buat lubang di bagian kardus dan kerta desain tersebut. Mengingat dalam satu kalender meja ini nantinya terdapat 12 bulan, sehingga masing - masing bulan harus dipisahkan.

8. Susun Kalender Bersarkan Bulan
Langkah selanjutnya adalah dengan menyusun kalender berdasarkan bulan. Yaitu dimulai dari januari sampai dengan desember.

9. Pasang Tali
Agar kertas kalender tersusun rapi dan mudah untuk dilipat nantinya, maka anda dapat mengikatnya dengan menggunakan tali, namun dalam hal ini ikatannya jangan terlalu kencang agar nantinya mudah untuk dilipat ketika bulan sudah berganti.

Baca Juga:

10. Kalender Meja Siap di gunakan
Langkah terakhir anda dapat memasangnya diatas meja yang kita inginkan.

Nah itu merupakan beberapa cara membuat kelander meja dengan bahan sederhana, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang kumpulan desain kalender meja terlengkap 2018.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel