-->

Cara Memperbaiki Mata Bor yang Tumpul dengan Cepat

Cara Memperbaiki Mata Bor yang Tumpul dengan Cepat - Mata bor merupakan salah satu bagian inti dari alat bor, karena bagian inilah yang nantinya dapat digunakan untuk melubangi kayu dan lain sebagainya. Namun bagian ini juga sering sekali tumpul, entah itu karena patah atau sebab lainnya.

Nah jika anda mengalami hal serupa, maka anda jangan buru - buru untuk membuangnya dan menggantinya dengan yang baru. Yang dapat anda lakukan adalah memperbaikinya? Lalu bagaimana caranya? Kali ini kita akan membahas tenatnag cara memperbaiki mata bor yang tumpul dengan cepat dan khususnya tutorial ini untuk pemula.


Sebelum masuk ke dalam proses perbaikan, mari kita siapkan dulu alat dan bahan  apa saja yang nantinya dibutuhkan antara lain:
- Alat Pengasah Mata Bor
- Mata Bor yang Akan di Perbaiki
- Penggaris
- Lokasi yang Nyaman

Setelah semua persiapan alat dan bahan selesai, kita dapat melanjuttkan proses berikutnya yaitu dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Atur Posisi Alat
Setelah alat yang digunakan untuk memperbaiki mata bor sudah siap, maka anda harus mengatur posisnya terlebih dahulu. Adapun bagian yang harus diatur adalah:
- Roda Gerinda
- Kepada Pengasah
- Cekam

2. Pengukuran
Untuk memperbaiki mata bor ini diperlukan pengukuran, hal ini diperlukan karena agar antara bagian mata bor satu dengan yang lainnya bisa pas. Untuk melakukan pengukuran ini anda dapat menggunkan penggaris atau yang lainnya. Pengukuran ini juga berguna untuk pemasangan mata bor di bagian cekam untuk menentukan seberapa banyak mata bor yang akan menonjol keluar.


3. Proses Pengasahan
Setelah semua tahapan diatas sudah dilakukan, maka selanjutnya anda dapat langsung memulai proses pengasahan ini, dengan langsung menyalakan mesin. Pastikan dalam proses ini anda menggunakan alat keselataman, mengingat alat ini sangatlah tajam.

mengasah mata bor
mengasah mata bor


Sambil memperbaiki mata bor ini, anda cek antar bagian apakah sudah tajam dan sudah tidak tumpul lagi atau belum, apabila sudah anda dapat mengakhiri prosesnya dengan cara mematikan alat tersebut.

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki mata bor yang tumpul dan tidak tajam lagi, nah bagi anda yang masih pemula sebaiknya serahkan urusan ini kepada orang yang sudah berpengalaman. Atau apabila anda ingin mencobanya sendiri sebaiknya didampingi dengan orang yang sudah ahli dibidangnya.

Demikian informasi mengenai cara memperbaiki mata bor yang tumpul dengan cepat, diharapkan dengan  adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara perawatan mesin bor semua jenis dan  merk yang baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel