Teknik Pemotongan HPL yang Baik dan Benar

Teknik Pemotongan HPL yang Baik dan Benar - Proses finishing furniture ada beberapa macam seperti plitur, HPL dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing - masing proses tersebut mempunyai keunggulan tersendiri. Sebagai contoh ketika kita menggunakan finishing HPL maka akan membuat furniture tersebut lebih menarik, karena motif HPL saat ini banyak sekali sehingga anda dapat memilih sesuai dengan keinginan.

Sebelum melakukan pemasangan, maka anda harus mengusai semua ilmu tentang pemotongan HPL terlebih dahulu. Karena ketika proses pemasangan tidak semua HPL yang ada akan pas dengan project yang dibuat, kali ini kita akan memberikan tips bagaimana cara memotong HPL yang baik dan benar dan dapat anda praktekkan secara langsung.

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Dalam melakukan pemotongan HPL ini membutuhkan beberapa alat dan bahan pendukung antara lain:
  • Penggaris
  • Bolpen atau Pensil
  • Mesin Gerinda
  • Mata Pemotong Keramik
  • Alat Ukur Meteran
  • Amplas
2.  Lakukan Pengukuran
Sebelum memulai proses pemotongan, lakukan pengukuran terlebih dahulu. Untuk melakukan pengukuran ini dapat menggunakan alat ukur meteran. Sesuaikan ukuran tersebut dengan project yang ingin dipasangi HPL.

3. Tandai Area Pemotongan
Agar mempermudah proses pemotongan HPL lakukan penandaan area yang akan dilakukan pemotongan. Untuk menandari area tersebut bisa menggunakan bolpen atau pensil.

4. Pasang Mara Pemotong Keramik di Mesin Gerinda
Pasang dulu mata pemotong keramik di mesin gerinda, pastikan pemasangannya benar.

5. Taruh HPL di Atasu Meja Khusus
Untuk mempermudah proses pemotongan, sebaiknya siapkan juga meja khusus pemotongan. Taruhlah HPL tersebut diatas meja sebelum dilakukan pemotongan nantinya.

6. Nyalakan Mesin Gerinda
Untuk memulai proses pemotongan, nyalakan dulu mesin tersebut.

7. Arahkan Mesin Tepat di Atas Garis yang Sudah dibuat Sebelumnya
Arahkan mesin tersebut tepat berada di atas garis yang sudah dibuat sebelumnya.

8. Buat Gerakan Maju Sesekali Mundur
Untuk melakukan pemotongan HPL menggunakan gerinda caranya adalah dengan melakukan gerakan maju sambil menekan sesekali buatkah gerakan mundur sehingga HPL akan terpotong secara sempurna.

Baca Juga:

9. Rapikan Sisa Pemotongan dengan Amplas
Rapikan sisa - sisa pemotongan menggunakan amplas. Gosoklah bagian pinggir tersebut secara perlahan namun pasti sampai benar - benart halus.

Itulah beberapa langkah untuk memotong HPL, diharapkan dengan adanya infomasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips memasang dan memotong HPL menggunakan mesin gerinda biasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel