-->

Cara Memperbaiki Sinyal TV yang Kurang Bagus dengan Tepat

TV merupakan salah satu alat elektronik yang banyak dimiliki orang, karena dengan TV inilah kita dapat menyaksikan berbagai acara hiburan maupun berita. Untuk mendapatkan saluran TV ini ada beberapa cara seperti menggunakan parabola, antena biasa dan masih ada banyak lagi yang lainnya.

Jika anda menggunakan antena TV biasa dan ternyata sinyal yang didapatkan kurang bagus tentunya membuat kita tidak nyamana ketika menyaksikan acara TV tersebut. Kali ini kita akan memberikan beberapa tips tentang cara memperbaiki sinyal TV yang kurang bagus dengan tepat dan dapat anda ikuti langsung di rumah.

Cara Memperbaiki Sinyal TV yang Kurang Bagus dengan Tepat
Cara Memperbaiki Sinyal TV yang Kurang Bagus dengan Tepat


Namun sebelum membahas tentang caranya, mari kita ketahui dulu apa saja yang menyebabkan TV kurang mendapatkan sinyal yang bagus. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

- Jarak Pemancar yang Terlalu Jauh
Saat ini menggunakan antena TV biasa, maka hal utama yang kita andalkan adalah pemancar dari masing - masing stasiun TV tersebut. Jika jarak pemancar ke rumah anda begitu jauh maka hal ini dapat menyebabkan sinyal yang didapatkan kurang begitu bagus.


- Banyak Pohon dan Gedung Tinggi
Pohon dan bangunan yang tinggi juga dapat menjadi pengalang sinyal TV ditangkap oleh antena dengan bagus. 

- Antena TV Kurang Bagus
Saat ini banyak sekali merk dan jenis antena TV, masing - masing jenis tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Oleh karena itu pastikan anda gunakan merk antena TV yang berkualitas baik agar dapat digunakan maksimal, karena apabila tidak maka kurang bagus dalam hal menerima sinyal akibatnya gambar yang dihasilkan di TV tersebut kurang bagus nantinya.

- Pemasangan Antena TV yang Salah
Faktor lain yang menyebabkan sinyal TV kurang bagus adalah pemasangan antena yang salah, karena dalam pemasangan antena ini juga harus diperhatikan arah, ketinggian, penyambungan kabel dan lain sebagainya. Jika salah satu diantaranya ada yang salah maka bisa menyebabkan sinyat TV yang didapatkan kurang bagus.

Televisi
Televisi


Dengan beberapa penyebab diatas, dapat disimpulkan menjadi beberapa langkah dalam memperbaiki sinyat TV yang kurang bagus antara lain sebagai berikut:

1. Pengecekan Antena
Langkah awal adalah dengan melakukan pengecekan antena tersebut apakah dalam kondisi baik atau tidak, pemasangan benar atau tidak dan lain sebagainya.

2. Perhatikan Jack Kabel
Jack kabel antena ini sangat berperan penting terhadap sinyal TV, apabila jack sudah dalam kondisi yang berkarat maka hal ini dapat mengurangi daya tangkap sinyat TV itu sendiri. Maka dari itu jika jack TV mulai kurang bagus segera lakukan pergantian.

3. Coba Pasang Antena ke TV Lain
Sebelum melakukan tindakan lain, sebaikya lakukan uji coba antena tersebut dengan cara memasangnya ke TV lain. Jika ternyata bagus maka yang terdapat masalah adalah pada TV yang pertama tadi. Baca Juga: Perbaiki Remote TV yang Rusak

4. Ganti IC Program
Jika sudah melakukan beberapa langkah diatas dan ternyata setelah dicoba ke TV lain bisa maka anda perlu melakukan penggantian bagian IC program tersebut. Karena jika komponen ini rusak dapat menyebabkan sinyal TV yang didapatkan kurang bagus.


Jika anda merasa kesulitan sebaiknya serahkan urusan perbaikan TV yang rusak tersebut kepada ahlinya. Dengan begitu hasil perbaikan dapat maksimal. Itulah beberap langkah cara memperbaiki sinya TV ynag kurang bagus, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips mengatasi saluran TV yang kurang bagus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel