-->

Kumpulan Tutorial Cara Memperbaiki Mesin Bubut yang Rusak

Mesin bubut merupakan salah satu jenis mesin yang biasa digunakan di industri, karena begitu pentingnya mesin ini maka apabila terjadi kerusakan maka anda harus segera memperbaikinya. Karena apabila tidak maka tentunya akan menggangu produksi usaha anda bukan? Kali ini kita akan memberikan beberapa tutorial tentang cara memperbaiki mesin bubut yang rusak dengan baik dan benar.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan mesin bubut maka anda harus melakukan perawatan yang baik. Untuk merawat mesin bubut ini adalah sebagai berikut:

- Jangan tempatkan mesin bubut di bawah sinar matahari secara langsung
Pastikan dalam menempetkan mesin bubut tersebut terhindar dari sinar matahari secara langsung, karena hal itu akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada mesin tersebut.


- Jaga Kebersihan Mesin Bubut
Setelah digunakan, bersihkan dulu sisa - sisa bahan yang masih menempel. Karena dengan menempelnya sisa - sisa bahan tersebut lama akan mengakibatkan banyak permasalahan salah satunya adalah kerusakan pada mesin tersebut. 

- Perhatikan Kondisi Oli Pelumas Mesin
Mesin bubut ini mengandalkan oli sebagai pelumas mesin untuk menjaga mesin tersebut tetap bekerja optimal, maka dari itu lakukan pengecekan secara rutin kondisi oli dalam mesin bubut tersebut. Selain itu pastikan anda gunakana merk oli yang dianjurkan oleh pabrik mesin bubut tersebut.

Itu merupakan beberapa tutorial cara perawatan mesuin bubut secara umum, selanjutnya adalah bagaimana cara memperbaiki mesin bubut yang rusak berdasarkan komponennya. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk memperbaikinya.

Mesin Bubut
Mesin Bubut


Kerusakan yang pertama ini termasuk ke dalam kerusakan yang serius. Karena apabila hal ini terjadi maka tentunya mesin tersebut tidak dapat digunakan karena tidak mampu bekerja. Untuk mengatasi hal ada beberapa hal, namun sebelum mengambil tindakan perbaikan cari tahu dulu apa saja yang menyebabkan meisn bubut tidak mau bekerja.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat mesin bubut tidak mau bekerja:


  • Sumber Tenaga Rendah
Mesin bubut membutuhkan tenaga yang besar untuk menggerakkan motor tersebut, oleh karena itu apabila tenaga tersebut rendah akan membuat mesin bubut tidak mau bergerak.
  • Periksa Tegangan Listrik
Periksa juga teganagna listrik yang masuk, karena apabila terjadi perbedaan maka akan membuat motor cepat panas dan apabila hal ini terjadi secara terus menerus maka tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada komponen itu sendiri.
  • Kerusakan Rem dan Coil
 Di dalam mesin bubut tentunya banyak sekali komponenya, masing - masing komponen saling bereratan agar bisa membuat mesin bubut berjalan dengan normal. Namun apabila terdapat bagian yang rusak terutama rem dan coil maka pastinya membuat mesin bubut tersebut tidak bisa berjalan.
  • Beban Berlebih
Mesin bubut ini mempunyai daya beban yang berbeda - beda. Apabila daya beban tidak sesuai dengan kapasitas mesin maka dapat menyebabkan mesin menjadi overheat sehingga dapat membuat mesin bubut tidak mampu bekerja secara normal. Baca Juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung

Tentunya masih banyak lagi yang lainnya untuk memperbaiki mesin bubut yang rusak ini. Namun sebelum mengambil langkah perbaikan cari tahu dulu apa penyebabnya. Karena dengan begitu hasil perbaikan dapat berlangsung dengan cepat dan hasilnya maksimal.


Untuk memperbaiki mesin bubut yang rusak ini membutuhkan pengetahuan dan pengalaman khusus, oleh karena itu apabila anda tidak memilikinya sebaiknya serahkan urusan perbaikan mesin bubut anda kepada ahlinya.

Kumpulan Tutorial Cara Memperbaiki Mesin Bubut yang Rusak
Kumpulan Tutorial Cara Memperbaiki Mesin Bubut yang Rusak


Itulah beberapa cara untuk memperbaiki mesin bubut yang rusak, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang penyebab mesin bubut rusak dan cara memperbaikinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel