-->

Cara Menjernihkan Air dengan Tawas Paling Ampuh

Air yang keruh membuat kita merasa tidak nyaman ketika menggunakannya, nah jika anda memiliki sumur dengan air yang keruh. Maka anda dapat menjernihkannya dengan mengikuti tutorial berikut ini, kali ini kita akan memberikan tutorial tentang cara menjernihkan air dengan menggunakan tawas yang dapat anda praktekkan langsung.

Apa itu tawas?


Tawas merupakan salah satu bahan berbentuk batuan, tawas ini terbentuk dari garam berhidrat dan mempunyai sifat isomorf. Bahan ini sangat mudah larut apabila di dalam air, untuk membeli bahan tawas ini bisa di toko - toko terdekat. Biasanya tawas ini dijual perkilo, harganya pun bervariasi tergantung lokasi dan toko tempat anda membelinya. Baca Juga: Cara Menghilangkan Lumut di Tandon Air

Cara Menjernihkan Air dengan Tawas


Satelah sudah mengetahui sedikit tentang tawas ini, selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan tawas tersebut? Berikut ini adalah tutorial menggunakan tawas di dalam air.

1. Siapkan Alat dan Bahan
Langkah pertama siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Sendok Makan
- Tawas Pasir / bongkahan.

2. Cek Kondisi Air
Kemudian cek juga kondisi air, apakah sangat keruh atau biasa saja. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap jumlah takaran yang akan diberikan nantinya. Berikut ini adalah beberapa takaran tawas sesuai dengan kondisi airnya:
  • Air tidak begitu keruh sebaiknya diberikan 3 - 5 sendok makan setiap 1000 liter air.
  • Air yang sangat keruh berikan 5 - 8 sendok setiap 1000 liter air
Cara Menjernihkan Air dengan Tawas Paling Ampuh
Cara Menjernihkan Air dengan Tawas Paling Ampuh

Untuk jumlah takaran ini gak bisa jadi patokan pasti, oleh karena itu anda dapat memperkirakan berapa yang cocok sesuai dengan kondisi air tersebut. Baca Juga: Cara Memperbaiki Pompa Air Akuarium yang Rusak

3.  Diamkan Hingga Air Bereakasi
Kemudian diamkan hingga 6 jam, kemudian cek apakah air sudah berubah menjadi jernih atau tidak. Kalau belum anda dapat menambahkan tawas lagi agar efeknya bertambah.


Itulah tips singkat tentang cara menjernihkan air dengan tawas, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tutorial menjernihkan air sumur yang keruh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel