-->

Memilih Kitchen Set Kayu yang Cocok untuk Dapur Minimalis

Kitchen set merupakan salah satu perabotan rumah yang terletak di bagian dapur, dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa perabotan ini khusus untuk di dapur. Banyak sekali manfaat kitchen set ini seperti untuk menyimpan berbagai peralatan, bumbu - bumbu dan lain sebagainya yang berhubungan dengan masak - memasak. 

Saat ini bahan untuk membuat kitchen set ini banyak sekali, namun tidak semua bahan mempunyai kualitas yang bagus serta sesuai dengan tema dapur anda. Karena pemilihan model dan bahan kitchen set sangatlah penting sekali, apabila terjadi kesalahan pemilihan maka akan mengakibatkan kurang serasi dan tentunya dapat membuat kitchen set rusak jika tidak menggunakan bahan yang berkualitas.

Tips Membuat Kitchen Set Bawah, Kompor, Rak Piring


Salah satu bahan yang dapat anda jadikan pilihan untuk membuat kitchen set adalah kayu jati. Seperti kita ketahui bahwa kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang banyak digunakan untuk membuat berbagai macam perabot rumah seperti almari, meja dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan kayu jati mempunyai banyak keunggulan antara lain sebagai berikut:

Kitchen Set Kayu Jati
Kitchen Set Kayu Jati


- Lebih Kebal Terhadap Rayap
Kayu jati mempunyai kandungan minyak yang begitu tinggi dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, maka dari itu kayu jati lebih tahan terhadap serangan rayap. Bukan hanya itu saja, kayu jati juga lebih tahan terhadap jamur.


- Tahan Terhadap Noda
Dapur merupakan salah satu area yang mudah sekali terkena noda, asap dan lain sebagainya. Maka dari itu pemilihan bahan kitchen set yang tepat sangatlah bagus. Salah satu bahan yang cocok untuk membuat kitchen set di dapur adalah kayu jati. Karena bahan ini mempunyai kepadatan yang tinggi sehingga dapat tahan terhadap zat asam dan basa.

- Tekstur
Kayu jati mempunyai tekstur yang bagus sekali, sehingga apabila anda ingin membuat konsep minimalis maka ini adalah piliha tepatnya. Dengan kayu jati ini kesan alami dapat dimunculkan, selain itu dengan tekstur seperti ini tidak akan membuat noda terlihat jelas apabila mengenai kitchen set.

- Awet
Kayu jati memilihi nilai keawetan yang begitu tinggi, maka dari itu pemilihan bahan ini sangat cocok untuk di taruh di dapur. Karena pastinya dapur sangatlah lembab sehingga diperlukan bahan yang dapat menahan kelembaban tersebut.

- Tidak Menghantarkan Panas
Dapur merupakan salah satu area yang berdekatan dengan yang namanya panas, maka dari itu pemilihan kayu jati sangatlah cocok digunakan untuk membuat kitchen set. Karena bahan ini tidak dapat menghantarkan panas.

Cara Memilih Bahan Kitchen Set
Cara Memilih Bahan Kitchen Set


- Mudah dibentuk
Banyak sekali bentuk kitchen set yang dapat anda ciptakan dari bahan kayu jati ini, karena bahan ini memiliki sifat yang mudah dibentuk sehingga anda bebas menentukan mau seperti apa kitchen set tersebut akan dibuat nantinya. Baca Juga: Tips Perawatan Kitchen Sink Agar Tetap Awet

Setelah mengetahui beberapa keunggulan kayu jati untuk dijadikan kitchen set, maka selanjutnya adalah bagaimana cara membuat kitchen set kayu jati yang bagus dan cocok untuk berbagai macam tipe dapur seperti modern, minimalis, kecil, besar dan lain sebagainya.

1. Sesuaikan Desain

Pembuatan desain kitchen set sangatlah penting, karena tidak semua desain akan cocok dengan tema rumah anda. Maka dari itu pastikan dulu tema apa yang ingin dibentuk dan haruslah disesuaikan dengan tema dapur ataupun rumah agar serasi.

2. Atur Ukuran

Sesuaikan juga ukuran kitchen set, penyesuaian ukuran ini berdasarkan luas dapur dan letak pemasangan kitchen set tersebut. Apabila ukuran kitchen set anda terlalu besar sedangkan dapur anda tidak begitu luas, maka hal ini akan membuat dapur tersebut menjadi sempit. Begitu sebaliknya, apabila anda mempunyai dapur dengan ukuran yang luas, sedangkan kitchen set tersebut sangat kecil maka akan terjadi ruang kosong yang begitu banyak. Maka dari itu sesuaikanlah ukuran kitchen agar serasi dan enak dipandang. Baca Juga: Cara Membuat Kabinet Dapur Paling Mudah

3. Tentukan Jumlah Rak, Laci, Pintu dan lain sebagainya.

Tentukan juga jumlah rak, laci, pintu dan lain sebagainya. Sesuaikanlah dengan kebutuhan, misalnya anda memiliki perabotan begitu banyak maka tentunya rak, pintu dan lain sebagainya haruslah banyak.

Kitchen Set Minimalis
Kitchen Set Minimalis


Itulah beberapa cara memilih kitchen set kayu yang cocok untuk dapur minimalis, diharapkan dengan adanya informasi mengenai cara membuat kitchen set dari kayu jati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel