Cara Membuat Kebun Hidroponik di Samping Rumah dengan Lahan Sempit

Proses penamanan ada beberapa jenisnya, salah satu adalah hidroponik. Teknik penamanan seperti ini adalah tidak banyak menggunakan air seperti ketika menggunakan media tanam tanah. Teknik penanaman hidroponik ini sangat cocok untuk daerah yang kekurangan pasokan air.

Untuk melakukan proses penanaman hidroponik caranya mudah sekali, anda dapat membuat kebun hidroponik ini disamping rumah dengan lahan yang sempit. Dengan begitu selain dapat memanfaatkan ruang kosong menjadi lebih bermanfaat juga dapat mengisi waktu luang anda. Kali ini kita akan memberikan beberapa langkah dalam membuat kebun hidroponik di samping rumah dengan lahan sempit. Baca Juga: Cara Membuat Paralon Hidroponik dengan Alat Sederhana

Menanam dengan Hidroponik
Menanam dengan Hidroponik

1. Pesiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Pipa Paralon
Pipa paralon ini digunakan untuk media tanam nantinya.
- Gergaji
Alat ini digunakan untuk memotong pipa paralon sesuai dengan ukuran yang diinginkan
- Solder
 Solder digunakan untuk melubangi pipa paralon.
- Penutup Paralon
Digunakan untuk menutup bagian ujung pipa paralon
- Air Bersih
- Spons
- Biji Tanaman 

Jenis Tanaman Hidroponik
Jenis Tanaman Hidroponik

2. Lubangi Pipa Paralon

Setelah pipa paralon diukur dan dipotong menggunakan gergaji, langkah selanjutnya anda tinggal melubanginya saja,. Untuk melubangi pipa paralon alat yang dapat kita gunakan adalah solder. Caranya nyalakan solder, kemudian arahkan tepat dimana kita akan membuat lubang di pipa paralon tersebut. Pastikan jarak antar lubang satu dengan yang lainnya kurang lebih 20 cm. Baca Juga: Cara Menjadikan Rumah Sejuk dengan Tanaman

Tanam Hidroponik

3. Tutup Ujung Pipa Paralon

Setelah pipa paralon sudah selesai dilubangi, maka selanjutnya and dapat langsung memasang penutup pipa paralon yang sudah disiapkan sebelumnya.

4. Menanam Biji ke dalam Spons

Setelah semua persiapan diatas selesai semua, anda dapat melanjutkan proses berikutnya yaitu penanaman biji ke dalam spons. Caranya adalah siapkan spons, sesuaikan ukurannya. Kemudian letakkan biji tersebut tepat diatas spons.

5. Selalu Berikan Nutrisi

Agar kebun hidroponik di samping rumah tetap subur, maka berikan nutrisi tambahan. Anda dapat membelinya di toko - toko terdekat, atau anda juga dapat menambahkan nutrisari sendiri seperti kotoran hewan ternak, bekatul dan lain sebagainya. Baca Juga: Waktu Pemupukan Tanaman Cabe Rawit

Desain Gambar Hidroponik di Samping Rumah


Jadi, jika anda mempunyai lahan sempit di samping rumah dan tidak terpakai. Maka anda dapat memanfaatkannya untuk dijadikan kebun hidroponik. Selain dapat mengisi waktu luang, hasil tanaman tersebut dapat anda olah menjadi masakan. Karena tanaman yang cocok dengan media hidroponik adalah sepeti selada hijau, bayam, pare dan lain sebagainya.

Gambar Hidropinik
Gambar Hidropinik


Demikian informasi mengenai cara membuat kebun hidroponik di samping rumah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips merawat tanaman hidroponik agar tetap subur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel