-->

Cara Mencari Sumber Air Untuk Membuat Sumur

Cara Mencari Sumber Air Untuk Membuat Sumur - Sumur merupakan sumber air untuk berbagai keperluan rumah tangga. Banyak sekali teknik pembuatan sumur ini ada dengan teknik pengeboran dan ada juga yang melalui penggalian manual. Namun sebelum masuk ke dalam proses pembuatan sumur, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari sumber air, kali ini kita akan memberikan beberapa tips untuk mencari sumber air untuk membuat sumur yang dapat anda praktekkan secara langsung.

Cara Mencari Sumber Air dengan Menggunakan Garam


Teknik yang dapat anda lakukan untuk mencari sumber air bisa dengan menggunakan garam, berikut ini adalah langkah - langkah dalam mencari sumber air untuk pembuatan sumur:

1. Siapkan Semua Alat dan Bahan

Langkah pertama siapkan dulu semua alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Garam
- Kaleng Bekas Susu

2. Waktu Pelaksanaan

Untuk memulai teknik ini haruslah dilakukan pada jam 7 atau 8 malam.

3. Tentukan Letaknya

Pililhah area yang nantinya cocok untuk dibuat sumur, pastikan letaknya sesuai dan tidak ada penghalang. Baca Juga: Teknik Pemasangan Pompa Air di dalam Sumur

4. Letakkan Garam di Atas Tanahnya

 Kemudian letakkan 1 genggam garam tepat diatas tanah yang dipilih.

5. Tutup dengan Kaleng Bekas Susu

Setelah itu tutuplah garam tersebut dengan kaleng bekas susu yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Cara Mencari Sumber Air Untuk Membuat Sumur
Cara Mencari Sumber Air Untuk Membuat Sumur

6. Pengecekan

Setelah dibiarkan semalaman, pada pagi hari silahkan lakukan pengecekan. Jika garam tersebut tinggal sedikit, maka dapat dipastikan titik tersebut terdapat sumbe airnya. Baca Juga: Cara Memasang Pipa Pompa Air di Sumur

Itulah beberapa cara untuk mencari sumber air, maka dari itu untuk mempercepat proses pencarian anda dapat memberikan garam ke beberapa titik kemudian pilihlah titik yang sumber airnya paling bagus. Setelah dapat, anda dapat melanjutkan proses penggalian atau pengeboran sumur.

Baca Juga: Cara Membuat Penutup Sumur dari Kayu

Demikian informasi mengenai cara mencari sumber air untuk membuat sumur, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips menentukan sumber air untuk pembuatan sumur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel