Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas

Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas - Lampu merupakan salah satu jenis kreasi lampu yang unik. Banyak sekali bahan untuk membuat lampion ini mulai dari kertas, bambu maupun botol bekas. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat lampion dari botol bekas, botol bekas biasanya setelah tidak digunakan dibuang begitu saja. Botol ini juga dapat membuat kerajinan yang sangat unik salah satunya adalah lampion.

Kumpulan Cara Pembuatan Lampion Bagi Pemula


Alasan membuat lampion dari botol bekas adalah sebagai berikut:
- Biaya Murah
Karena kita dapat memanfaatkan botol yang sudah tidak terpakai, jadi anda tidak perlu mengeluarkan uang untk menyiapkan bahan ini.

- Proses Mudah
Bagi anda yang sudah menguasai teknik pembuatan lampion ini tentunya proses pembuatannya akan berjalan dengan mudah.

- Dapat Mengasah Kreativitas
Selain itu dengan membuat lampion dari botol bekas sendirian ini, maka anda dapat mengasah kreativitas, sehingga ide - ide desain lampion nantinya dapat muncul.

- Mencegah Pencemaran Lingkungan
Dengan memanfaatkan botol bekas, maka kita turut serta menjaga lingkungan dari pencemaran, karena dengan tidak membuang botol tersebut sembarangan dan dimanfaatkan untuk membuat lampion ini maka pencemeran lingkungan tersebut akan berkurang.

Setelah mengetahui alasan mengapa anda dapat menggunkan botol bekas ini untuk membuat lampion, lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut ini beberapa langkah - langkah dalam membuat lampion dari botol bekas yang dapat anda ikuti:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, antara lain sebagai berikut:
- Botol Bekas
- Cutter
- Spidol
- Cat
- Kuas
- Lampu
- Fitting Lampu
- Kabel

2. Proses Pembuatan Lampion
Jika semua alat dan bahan  yang dibutuhkan sudah siap, maka anda dapat memulai proses pembuatan. Adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

- Buatlah Bentuk dengan Cara Menggambarnya dengan Spidol
Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan memulai membuat gambar bentuk lampion yang akan dibuat, tandailah area tersebut dengan menggunakan spidol untuk mempermudah proses selanjutnya.

 - Lakukan Pemotongan
Jika sudah, selanjutnya lakukanlah pemotongan pada area yang sudah ditandai sebelumnya. Dalam pemotongan ini harus dilakukan secara hati - hati dan sesuai dengan konsep yang akan dibuat. Untuk proses pemotongan ini anda dapat menggunakan cutter, pastikan cutter yang digunakan dalam keadaan baik agar mempercepat proses pemotongan nantinya.

- Pengecatan
Jika bentuk lampion sudah terbentuk, maka anda dapat mengaplikasikan cat supaya hasil lampion tersebut lebih menarik lagi. Untuk pemilihan warna sesuaikanlah dengan tema ruangan dimana lampion tersebut dipasang. Untuk pengecatan ini anda dapat menggunakan kuas pada umumnya.

Baca Juga:

- Pemasangan Fitting dan Lampu
Pada tahap ini lampion sudah hampir jadi, anda dapat memasang lampu didalam lampion tersebut. Setelah itu lampion ini sudah anda pasang pada area yang diinginkan.

Demikian informasi mengenai cara membuat lampion dari botol bekas, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah inspirasi anda dalam pembuatan lampion, cara membuat lampion dari barang bekas, kreasi unuk lampion.
data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matching-content-columns-num = 4