Tips Mudah Cara Memasang Paku Rivet Bagi Pemula

Tips Mudah Cara Memasang Paku Rivet Bagi Pemula - Jenis paku banyak sekali, seperti paku payung, paku beton, paku rivet dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing - masing jenis paku tentunya mempunyai kegunaan dan fungsi masing - masing. Misalnya paku rivet ini, jenis paku ini merupakan salah satu jenis paku yang dapat digunakan untuk mengikat sambungan besi. Ciri umum paku ini adalah mempunyai bagian kepala dan batang.

Nah jika anda sedang mencari informasi tentang cara memasang paku rivet berikut ini penjelesannya. Untuk memasang paku rivet ini berbeda memasang paku pada umunya yang biasanya hanya dengan memukul menggunakan paku. Namun cara pemasangan paku rivet ini sangatlah berbeda, sebelum memasang paku rivet ini ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersipakan antara lain sebagai berikut:

- Alat Pemasangan Paku Rivet
- Paku Rivet
- Mesin Bor
- Martil 
- Alat Potong Khusus

Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, anda dapat memulai proses pemasangan paku rivet ini adapun langkah - langkah pemasangannya adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Area Pemasangan
Langkah awal dalam memasang paku rivet ini adalah dengan menentukan letak pemasangan paku tersebut, hal ini nantinya digunakan untuk pedoman teknik pemasangan seperti apa yang pas.

2. Buatlah Lubang
Langkah selanjutnya adalah dengan membuat lubang pada area yang sudah ditentukan sebelumnya, untuk membuat lubang itu sendiri dapat menggunakan mesin bor. Dalam pembuatan lubang ini hendaknya disesuaikan dengan ukuran paku tersebut, pastikan paku rivet dapat masuk dengan mudah sehingga proses pemasangan dapat maksimal.

3. Siapkan Plat Penyambungnya
Jika lubang sudah dibuat, siapkan plat penyambungnya. Hal ini digunakan untuk mengukur serta menyandingkan apakah lubang yang dibuat pas atau tidak.

4. Masukkan Paku Rivet ke dalam Lubang
Jika lubang sudah terbentuk dengan baik, anda dapat memasukkan paku rivet tersebut ke dalamnya. Untuk memasukkan mudah sekali yaitu dengan cara memasukkan bagian ujung paku tersebut. Masukkan juga bagian kepala paku rivet di bagian plat yang akan disambung.

5.  Lakukan Penekanan
Pada tahap ini menjadi salah satu proses penting dari memasang paku rivet, dalam proses ini anda harus melakukan penekanan agar bagian kepala dapat masuk ke dalam bagian kaki. Untuk melakukan penekanan ini anda dapat menggunakan bantuan martil.

Baca Juga:

6. Proses Finishing
Jika tahapan diatas sudah dilakukan semua langkah terakhir yaitu proses finishing, dalam proses ini kita dapat merapikan hasil pemasangan seperti melakukan pemotongan paku rivet yang sudah terpasang serta melakukan pengecekan hasil pemasanhan tersebut.

Untuk memasang paku rivet ini sebenarnya mudah sekali, namun untuk pemasangannya membutuhkan teknik dan alat khusus. Demikian informasi mengenai tips mudah cara memasang paku rivet bagi pemula, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tutorial memasang paku rivet, cara menggunakan paku rivet, pengerian paku rivet.