-->

Tutorial Cara Mengelem Akrilik Bagi Pemula

Tutorial Cara Mengelem Akrilik Bagi Pemula - Akrilik merupakan salah satu benda yang dapat dijadikan untuk berbagai kebutuhan, seperti kerajinan dan lain sebagainya. Pada artikel sebelumnya kta sudah menjelaskan tentang cara memotong akrilik. Kali ini kita akan menjelaskan tentang tutorial cara mengelem akrilik bagi pemula.

Ketika anda ingin membuat kerajinan dari bahan akrilik, maka anda harus melakukan pengeleman agar satu bagian dengan lainnya dapat kita susun sehingga akan terbentuk sebuah kerajinan yang kita inginkan. Pengeleman akrilik ini tidak sama halnya dengan mengelem bahan lainnya, karena akrilik ini tidak dapat di lem melainkan dilunakkan dengan bahan khusus. Dengan begitu nantinya akan menghasilkan iktan yang kuat antara bagian satu dengan yang lainnya, namun sebelum anda memulai proses ini pastikan dulu bahwa permukaan akrilik yang akan dilakukan pengeleman mempunyai permukaan yang datar dan rata.

Adapun cara mengelem akrilik adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Sama halnya dengan pengeleman lainnya, untuk mengelem akrilik ini membutuhkan beberapa alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- Akrilik
- Amplas
- Cairan Pelarut Solvent Welding
- Kuas

2. Proses Awal
Jika semua alat dan bahan sudah siap, selanjutnya adalah proses awal dari mengelem akrilik yaitu dengan menentukan bagian mana saja yang akan dilakukan pengeleman. Dalam tahap ini kita juga harus menentuka ukuran akrilik yang dibutuhkan yaitu dengan cara melakukan pemotongan akrilik. Untuk mempermudah proses pengeleman nantinya pastikan lokasi tersebut nyaman serta mempunyai penerangan yang cukup agar terlihat jelas.

3. Proses Pengeleman
Jika semua tahapan diatas sudah dilakukan, langkah selanjutnya yaitu proses pengeleman. Di tahap ini merupakan bagian inti dari proses pengeleman akrilik. Adapun langkah - langkah dalam pengeleman akrilik adalah sebagai berikut:
- Atur Posisi Akrilik
Aturlah posisi akrilik berdekatan satu sama lainnya,pastikan kedua bagian tersebut dalam posisi yang benar sesuai yang diinginkan.

- Tuangkan Cairan dengan Menggunakan Kuas
Selanjutnya tuangkan cairan tersebut ke bagian yang akan di lakukan pengeleman. Untuk alatnya sendiri anda dapat menggunakan kuas atau alat lainnya.

- Tunggu Sebentar
Setelah menuangkan cairan, sebaiknya anda menunggu sebentar agar cairan tersebut berkerja dengan sendirinya, biasanya proses ini akan berlangsung cepat. Biarkan cairan tersebut mengering dengan sendirinya baru lakukan proses selanjutnya

Baca Juga:

- Lakukan Pengamplasan
 Jika cairan tersebut sudah kering, maka anda perlu melakukan pengamplasan. Hal ini bertujuan agar permukaan tersebut menjadi halus. Dalam melakukan pengamplasan ini sebaikna dilakukan secara hati - hati.

Tutorial Cara Mengelem Akrilik Bagi Pemula
Tutorial Cara Mengelem Akrilik Bagi Pemula
Untuk mengelem akrilik ini banyak sekali tekniknya, namun teknik diatas adalah termasuk yang mudah untuk anda lakukan di rumah. Demikian informasi mengenai tutorial cara mengelem akrilik bagi pemula, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips mengelem akrilik dengan cara sederhana, alat - alat untuk mengelem akrilik, lem akrilik terbaik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel