-->

Kumpulan Penyebab Tinta Printer Berubah Warna

Kumpulan Penyebab Tinta Printer Berubah Warna - Printer merupakan salah satu hardware yang berfungsi untuk proses mencetak dokumen, foto dan lain sebagainya. Agar dapat berfungsi dengan baik, printer ini membutuhkan tinta. Salah satu permasalah yang sering terjadi di printer adalah tinta tersebut berubah warna. Lho Kok Bisa? Nah kali ini kita akan membahas tentang kumpulan penyebab tinta printer berubah warna dan cara mengatasinya.

Kualitas printer sangat mempengaruhi hal ini, oleh karena itu pastikan tinta yang anda gunakan mempunyai kualitas bagus. Jika semua itu sudah dilakukan, maka anda dapat mencoba langkah berikut ini:

1. Cleaning Printer
Proses cleaning printer ini bertujuan untuk mengeluarkan tinta yang membeku dengan cara memompa cartridge. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

- Buka Aplikasi Microsoft Word
Buka aplikasi microsoft word yang sudah terinstal di komputer kamu.

- Buka Dokumen yang Akan di Cetak
Selanjutnya bukalah dokumen yang akan dicetak.

- Buka Aplikasi Bawaan Printer
Jika printer sudah terinstal di komputer, biasanya terdapat aplikasi bawaan printer tersebut. Bukalah aplikasi tersebut. Kemudian klik setting, hal ini berfungi untuk mengaktifkan fitur cleaning printer ini.

- Pengecekan Hasil
Setelah dilakukan proses ini, maka anda perlu melakukan pengecekan hasilnya dengan cara klik nozzle check, selanjutnya print check pattern. Hal ini bertujuan agar menampilkan hasil warna merah, hitam, biru dan kuning. Apabila hasilnya terdapat putus - putus diantara warna - warna tersebut maka dipastikan printer ini sudah normal.

2. Deep Cleaning
Sama halnya dengan cara pertama, deep cleaning ini bertujuan untuk membersihkan printer. Namun dengan cara ini kita dapat membersihkan printer secara maksimal. Lakukan juga nozzle check sama halnya cara pertama.

Baca Juga:

3. Penggantian Cartridge
Penyebab utama tinta berubah warna ini disebabkan oleh cartridge, oleh karena cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan melakukan penggantian cartridge dengan yang baru.

Kumpulan Penyebab Tinta Printer Berubah Warna
Kumpulan Penyebab Tinta Printer Berubah Warna


Jadi, jika printer kamu mengalami hal serupa lakukanlah langkah diatas. Demikian informasi mengenai kumpulan penyebab tinta printer berubah warna, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips merawat printer agar tidak mudah rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel