-->

Fungsi Kapasitor Pada Kipas Angin yang Perlu Kamu Ketahui

Fungsi Kapasitor Pada Kipas Angin yang Perlu Kamu Ketahui - Kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan agar tetap sejuk. Model kipas angin banyak sekali seperti kipas angin berdiri, kipas angin duduk, kipas angin gantung, kipas portable dan lain sebagainya.

Masing - masing jenis kipas angin mempunyai fungsi yang sama. Di dalam kipas agin terdapat beberapa komponen yang saling membantu agar kipas angin dapat bekerja dengan baik. Salah satu komponen kipas angin adalah kapasitor.

Jika kamu baru mendengar apa yang dinamakan kapasitor dan apa fungsinya di dalam kipas angin? Berikut ini adalah jawabannya. Kali ini kita akan menjelaskan apa saja fungsi kapasitor pada kipas angin.

Apa Itu Kapasitor?

Kapasitor adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam kipas angin. Bentuknya kotak dengan 2 kabel. Model kapasitor ini banyak sekali, jadi kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Harga kapasitor kipas angin juag bervariasi berdasarkan jenis kapasitor itu sendiri.

Fungsi Kapasitor di dalam Kipas Angin

Di dalam kipas angin terdapat kapasitor. Bukan hanya di dalam kipas angin saja, mesin cuci, pompa dan lain sebagainya biasanya terdapat kapasitor.

Lalu apa saja fungsi kapasitor di kipas angin ini? Beberapa fungsi kapasitor adalah sebagai berikut:

- Memberi Tenaga Awal Pada Kumparan
Fungsi yang pertama adalah memberi tenaga awal di kumparan, dengan begitu kipas angin dapat bekerja.

- Dapat Membuat Mesin Berputar
Pernah mengalami kipas angin tidak mau berputar? Biasanya penyebab kerusakan ini terjadi pada bagian kapasitor ini. Jadi lakukanlah pergantian kapasitor apabila telah terjadi kerusakan.

Baca Juga:

- Memperkcil Tahanan Kumparan
Fungsi kapasitor yang lain adalah untuk memperkecil tahanan kumparan sehingga arus listrik besar maka tenaga pun akan ikut besar.

Fungsi Kapasitor Pada Kipas Angin yang Perlu Kamu Ketahui
Fungsi Kapasitor Pada Kipas Angin yang Perlu Kamu Ketahui


Itulah beberapa fungsi kapasitor pada kipas angin, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kamu tentang tips perbaiki kipas angin kapasitor rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel