Cara Menggunakan Lakban Seng Untuk Mengatasi Kebocoran

Seng merupakan salah satu bahan yang digunakan sebagai atap, banyak sekali keunggulan dari atap seng ini. Namun atap seng juga mempunyai kekurangan, salah satu kekurangan atap seng ini jika dipakai lama maka akan menimbulkan kebocoran pada atap seng tersebut.

Jika hal ini terjadi maka sangat menggangu sekali, apalagi kalau musim hujan tiba, maka air hujan dapat masuk ke area dalam rumah. Nah untuk mengatasi hal ini anda dapat melakukan penambalan. Kali ini kita akan memberikan beberapa tips untuk menambal atap seng yang bocor menggunakan lakban khusus seng.

Apa itu lakban seng?

Bahan ini mempunyia fungsi untuk menambal bagian atap seng yang bocor. Bentuknya seperti lakban pada umumnya, namun jenis lakban ini diciptakan dari bahan khusus untuk menutupi permukaan seng. Di dalam lakban seng ini terdapat 3 lapisan yaitu :
- Lapisan pertama berisi alumunium foil tipis
- Lapisan kedua birisi aspal yang sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi tipis
- Lapisan ketiga berisi plastik yang berfungsi untuk mencegah antar bagian menempel saat digulung

Setelah mengetahui pengertian lakban seng, selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan lakban seng untuk menambal kebocoran di atap seng rumah? Berikut ini adalah beberapa langkah - langkahnya:

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Langkah pertama siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proses penambalan atap seng yang bocor ini antara lain:
- Korek Api
- Lakban Seng
- Kain Lap
- Air Bersih

2. Cek Letak Kebocoran
Berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap letak kebocoran. Untuk melakukan pengecekan ini bisa dengan mengalirkan air di atap seng tersebut, jika terdapat tetesan air masuk ke dalam rumah maka dapat dipastikan area tersebut yang mengalami kebocoran. Baca Juga: Ukuran Seng Galvalum

3. Bersihkan Atap Seng
Sebelum dilakukan penambalan, bersihkan atap seng tersebut dari kotoran yang menempel. Karena dengan adanya kotoran yang menempel akan menghambat penempelan lakban seng nantinya. Untuk membersihkannya sendiri bisa dengan menggunakan air kemudian dilakukan pengelapan menggunakan kain lap sampai  kering.

4. Tempelkan Lakban Seng
Setelah itu tempelkan lakban seng di area kebocoran, pastikan dalam melakukan penempelan ini dilakukan secara hati - hati dan teliti, agar titik kebocoran dapat tertutupi semua. Baca Juga: Cara Memotong Seng dengan Gunting

5. Panaskan Permukaan Lakban Seng
Supaya lakban seng tersebut tertempel sempurna, anda dapat melakukan pemanasan dengan cara menggunakan korek api.


6. Periksa Kembali
Setelah dilakukan proses penambalan, lakukan pengecekan ulang apakah titik kebocoran tersebut sudah teratasi atau belum.

Cara Menggunakan Lakban Seng Untuk Mengatasi Kebocoran
Cara Menggunakan Lakban Seng Untuk Mengatasi Kebocoran


Itulah beberapa tips tentang cara menggunakan lakban seng untuk mengatasi kebocoran, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tutorial menggunakan lakban seng untuk menambal talang dan atap seng.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel