-->

Keunggulan dan Kekurangan Bambu Untuk Membuat Bangunan

Keunggulan dan Kekurangan Bambu Untuk Membuat Bangunan - Bambu merupakan salah satu jenis pohon yang biasa tumbuh di area pedesaan. Biasanya bambu ini digunakan untuk membantu proses pengecoran dan lain sebagainya.

Saat ini penggunaan bambu tidak hanya untuk itu saja, namun dalam membuat bangunan dapat juga menggunakan bambu ini. Dengan menggunakan bambu ini tentunya mempunyai keunggulan dan kekurangan di bangunan itu nantinya. 

Adapun keunggulan dan kekurangan bambu untuk membuat bangunan adalah sebagai berikut:

1. Harga Murah
Berbeda dengan jenis kayu lainnya, harga bambu ini jauh lebih murah sekali. Biasanya harga bambu ini dihitung perbatang. Harganya pun bervariasi tergantung ukuran dan jenis bambu itu sendiri. Dengan keunggulan inilah kamu dapat menggunakan bambu ini untuk membuat bangunan.

2. Menciptakan Kesan Alami
Bagi kamu yang ingin membuat bangunan dengan tampilan alami, maka pemilihan bambu bisa menjadi alternatifnya. Dengan menggunakan bambu, maka kesan alami itu mudah sekali di dapatkan. 

3. Mudah di Bentuk
Dalam membuat bangunan dari bambu terbilang sangat mudah, karena cara pemotongan  cukup menggunakan gergaji saja. Sehingga nantinya kamu dapat membentuknya sesuai dengan kebutuhan.

4. Bobot Ringan
Bambu ini mempunyai bobot yang ringan sehingga dalam pemasanganya akan memudahkan nantinya. 

5. Kokoh Jika di Awetkan
Bambu ini akan semakin kokoh ketika diawetkan, oleh karena itu sebelum digunakan untuk membuat bangunan sebaiknya lakukan proses pengawetan bambu agar awet nantinya.

Itu merupakan beberapa keunggulan bambu, disamping keunggulannya bambu juga mempunyai beberapa kekurangan untuk membuat bangunan.

Berikut ini adalah kekurangan bambu untuk membuat bangunan:

1. Sulit Mencari yang Serasi
Berbeda dengan jenis bahan kayu lainnya, dalam menggunakan bambu ini sangatlah sulit untuk menyerasikan satu sama lain. Karena karakteristik antara satu pohon dengan yang lainnya sangatlah berbeda. Oleh karena itu ini menjadi salah satu kekurangan bambu untuk membuat bangunan.

Baca Juga:

2. Mudah di Serang Rayap
Serangan rayap sangatlah berbahaya. Karena serangan rayap ini dapat menghancurkan bambu itu sendiri. Maka dari itu jika kamu ingin menggunakan bambu untuk membuat bangunan maka kamu siap menanggung resiko serangan rayap.

Keunggulan dan Kekurangan Bambu Untuk Membuat Bangunan
Keunggulan dan Kekurangan Bambu Untuk Membuat Bangunan


Tentunya masih banyak lagi keunggulan dan kekurangan bambu. Demikian informasi mengenai keunggulan dan kekurangan bambu untuk membuat bangunan, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kamu tentang tips menggunakan bambu untuk membuat bangunan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel